PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIK PESERTA DIDIK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman matematik peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimental. Desain penelitiannya menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan metode Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kawali. Sampel dalam penelitian diambil dua kelas  secara acak menurut kelas dari seluruh populasi yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 36 orang dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 36 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman matematik, tugas individu dan tugas kelompok yang digunakan untuk mengukur pemahaman matematik peserta didik. Soal yang diberikan berupa soal uraian. Pada hasil uji dengan taraf signifikansi 0.05, nilai thitung > ttabel (2,317 > 1,992), ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstul lebih baik daripada pembelajaran langsung, dimana memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman matematik peserta didik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.