MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Imas Ismayanti, Neni yunaeti

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII E MTsN 1 Pangandaran tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok relasi dan fungsi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes hasil belajar Matematika. Pada saat pra penelitian, ketuntasan siswa hanya 36%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran Problem Solving persentase ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 67% dengan rata-rata ketuntasan mencapai 75,19, kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 89% dengan rata-rata 82,19.Penerapan model pembelajaran Problem Solving juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E MTsN 1 Pangandaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh skor akhir 61%, artinya motivasi belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir motivasi belajar siswa mencapai 88% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.