PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF

Judika Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Ditinjau dari Tahap Perkembangan Kognitif. Hal-hal yang melatar belakangi pelaksanaan penelitian yaitu kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik masih rendah, belum banyak peneliti yang mengupayakan perkembangan kemampuan komunikasi matematis ditunjukkan dengan rendahnya peserta didik dalam tahap perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretespostes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI salah satu SMK di kota Serang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih 20 siswa sebagai kelompok yang memperoleh pembelajaran pendekatan matematika realistik dan 20 siswa sebagai kelompok yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis, tes tahap perkembangan kognitif (TOLT). Analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pembelajaran realistik lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori; (2) Kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pembelajaran realistik tidak lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori ditinjau berdasarkan tahap perkembangan kognitif; (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara pendekatan realistik dan tahapan perkembangan kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.