PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DI SMA AL MUTTAQIN

Maya Mulyani, Dedi Muhtadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematik dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dan pembelajaran biasa, (2) mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA kelas X di SMA Al Muttaqin Tasikmalaya dan sampel yang terpilih adalah X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas control. Instrumen divalidasi terlebih dahulu, hasilnya menunjukkan (1) untuk menguji kemampuan koneksi matematik valid dengan kriteria tinggi, hasil pengujian kemampuan berpikir kreatif siswa valid dengan kriteria tinggi. (2) Koefisien reabilitas untuk menguji kemampuan koneksi matematik adalah 0,73 dengan kategori tinggi, sedangkan reabilitas untuk menguji kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 0,79 dengan kategori tinggi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) ada peningkatan kemampuan koneksi matematika dan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa, (2) tidak ada hubungan antara pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa dengan peningkatan kemampuan koneksi matematik dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.