PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan mengetahui motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Untuk memperoleh data digunakan tes dan angket dengan instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik MTS Bahrul Ulum Tasikmalaya tahun pelajaran 2013/2014. Sampel digunakan dalam penelitian diambil secara random menurut kelas, terpilih kelas VII A sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang terdiri dari 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik, dan peserta didik memiliki motivasi tinggi terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.