PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK

Noneng Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan mengetahui  motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Untuk memperoleh data digunakan tes dan angket dengan instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket  motivasi belajar. Populasi  dalam penelitian ini seluruh peserta didik MTS Bahrul Ulum Tasikmalaya tahun pelajaran 2013/2014. Sampel digunakan dalam penelitian diambil secara random menurut kelas, terpilih  kelas VII A sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang terdiri dari 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen.  Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik, dan peserta didik memiliki motivasi tinggi terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.