MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYONGSONG INDUSTRY 4.0: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS UNTUK ANALISIS KEBUTUHAN

Muhaemin Sidiq, Zulfianti Zulfianti, Hartati Mukhtar, Suyitno Suyitno, Endry Boeriswati

Abstract


Industry 4.0  yang menarik perhatian banyak peneliti, menuntut beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa,dan untuk itu diperlukan penyesuaian media pembelajaran matematika. Dengan melaksanakan tinjauan sistematis terhadap literatur yang diterbitkan dari tahun 2012 hingga tahun 2019, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika harus mempunyai komponen kelengkapan: (1) berorientasi pada STEAM, (2) memperhatikan saran-saran dari hasil penelitian bidang neuroscience dalam pembelajaran matematika, dan dalam m-learning, (3) mendorong pemberdayaan keterampilan digital untuk melaksanakan literasi, (4) mendorong kolaborasi virtual antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, (5) memberdayakan VR, (6) dilengkapi dengan sistem ujian, (7) akuntabel, (8) aman, (9) memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisa pembelajaran berbantuan kecerdasan buatan, (10) dapat dikembangkan dengan cepat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.