UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION

Rosusilawati Rosusilawati

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan pembelajaran yang masih konvensional, sehingga peserta didik kurang aktif dan pembelajaran lebih berpusat pada guru. Untuk itu perlu adanya upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian tindakan ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi “Bangun Ruang Sisi Datar†dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian, berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket sikap peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang, 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan di kelas VIII C SMP Negeri 1 Baregbeg. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), pada materi pokok “Bangun Ruang Sisi Datar†dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan aktivitas siswa mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.