EVALUASI PROGRAM FULL DAY DI SEKOLAH ISLAM TERPADU (STUDI EVALUATIF MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SD IT DINAMIKA BOGOR)

Eneng Tilawati, soeprijanto Soeprijanto, Yuliatri Sastrawijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan program pendidikan full day di Sekolah Islam Terpadu di tinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk. Penelitian di lakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dinamika Bogor dengan model evaluasi program CIPP Stuffelbeam. Instrumen yang digunakan berupa studi dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah dirjen pendidikan, kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah, orang tua, dan bagian keuangan. Data di analisis melalui triangulasi data. Hasil penelitian pada komponen konteks, diketahui bahwa ijin pendirian sekolah sudah sesuai dengan peraturan pemerintah, mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi dan kabupaten serta masyarakat sekitar. Hasil evaluasi input hampir semua komponen sudah baik hanya pada kualifikasi pendidik yang masih belum memenuhi ketentuan standar. Komponen peserta didik sudah sesuai dengan standar program. Struktur kurikulum sudah sesuai dengan standar program. Hasil penilaian tentang standar pengelolaan masuk kategori cukup. Evaluasi terhadap kondisi sarana prasarana sudah memadai tetapi evaluasi tingkat kesesuaian dengan program masih di bawah standar program. Evaluasi terhadap pembiayaan sudah sesuai standar. Hasil evaluasi proses pada tahapan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengawasan sudah baik kecuali pada tahapan perencanaan. Hasil evaluasi produk menunjukan semua aspek yang dievaluasi yaitu kognitif, afektif, psikomotor dan konatif menunjukan hasil yang baik.
 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.