Upaya Meningkatkan Minat Belajar Olahraga Pada Siswa Sekolah dasar Melalui Pendekatan Permainan Tradisional
Abstrak
Abstrak
Dengan menggunakan pendekatan permainan tradisional yang umum, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa sekolah dasar terhadap olahraga. Sebanyak 30 siswa kelas V di SDN 02 Indralayang mengikuti tiga siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didasarkan pada pendekatan Kemmis & McTaggart. Kuesioner minat belajar digunakan sebagai alat utama untuk mengukur peningkatan minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar meningkat secara signifikan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Persentase siswa yang tertarik belajar adalah 60% pada Siklus I, 68% pada Siklus II (selisih 8%), dan 80% pada Siklus III (12%). Antara Siklus I dan Siklus III, terdapat peningkatan sebesar 20% secara keseluruhan. Perhatian, keterlibatan, dan keinginan belajar siswa berhasil ditingkatkan ketika permainan tradisional digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, menarik, dan sesuai dengan usia. Penelitian ini menyarankan penggunaan pendekatan berbasis permainan kontekstual dalam pengajaran pendidikan jasmani.
Kata kunci: minat belajar, permainan tradisional, pendidikan jasmani, siswa sekolah dasar, tindakan kelas.
Abstract
By using a typical game technique, this research seeks to improve elementary school pupils' interest in sports. 30 students in Grade V at SDN 02 Indralayang participated in three cycles of Classroom Action Research (CAR), which is based on the Kemmis & McTaggart approach. A learning interest questionnaire served as the primary tool. The study's findings show that learning interest significantly increases from one cycle to the next. The proportion of people who were interested in learning was 60% in Cycle I, 68% in Cycle II (a difference of 8%), and 80% in Cycle III (12%). Between Cycle I and Cycle III, there was a 20% overall rise. Students' attention, engagement, and desire to learn are successfully increased when traditional games are used to create an enjoyable, engaging, and age-appropriate learning environment. The use of a contextual game-based approach in physical education teaching is suggested by this research.
Keywords: learning interest, traditional games, physical education, elementary school students, class action.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas Viii-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Asriasnyah, A. (2018). Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Melestarikan Budaya Bangsa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 82. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10597
Bayoumy, H. M. M., & Alsayed, S. (2021). Investigating relationship of perceived learning engagement, motivation, and academic performance among nursing students: A multisite study. Advances in Medical Education and Practice, 12, 351–369. https://doi.org/10.2147/AMEP.S272745
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Hadi, H. Y., Hermawan, I., & Permadi, A. A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction Melalui Pendekatan Media Video Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 36. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.10708
Hasan, H. A., Adi, S., Hariyanto, E., Kongrungchok, A., & Ike, H. (2023). Physical Activity with Play and Game Model to Improve the Cognitive of Elementary School Students. 8(1), 49–57.
Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN PENJAS (ANALISIS KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG DI MTs SEKECAMATAN LELES KABUPATEN GARUT). Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 103. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8463
Ikrima, R., Hamid, K., Akil, M., Bermain, M., & Siswa, P. (2024). Junaeda. 1(1), 46–53.
Lestari, A. (1907). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Pandangan Islam Tentang Faktor Pembawaan Dan Lingkungan Dalam Pembentukan Manusia, 5(2), 1–8.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Marisca, I., Hadinata, R., & Diana, F. (2025). PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. 07(02), 336–343.
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Jurnal Maenpo:Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44–49.
Nasta, T., Nurkholis, M., & Allsabah, M. A. H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1(1), 29–35.
Pendidikan, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.
Permadi, A., Nur’aeni L, E., & Nur, L. (2021). Pelestarian Permainan Tradisional melalui Model Pembelajaran SPADE. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32742
Purwanto, E. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara, 17.
Siregar, T. I., Anilafiza, U., Atia, S., & Lestari, H. I. (2023). Analyze students learning interest in the subjects they like. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(1), 139–147. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i1.77
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.16141
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)







