Analisis Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
Bogy Restu Ilahi, Andes Permadi, Abdul Rahmat
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru Pendidikan Jasmani pada satuan pendidikan dasar di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Penelitian deskriptif kualitatif melibatkan 9 orang guru PJOK. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana PJOK memenuhi standar sebesar 53,67% dan tidak memenuhi standar sebesar 46,33%, dalam kondisi baik sebesar 35,22% dan kondisi kurang baik sebesar 64,78%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar sekolah telah memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi standar, namun kualitas dan kondisi sarana tersebut masih perlu mendapat perhatian khusus untuk mendukung pembelajaran PJOK yang lebih efektif dan aman. Tingkat kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana tergolong sangat kreatif (82,96%). Peneliti selanjutnya dapat memfokuskan pada efektivitas teknologi dalam pembelajaran PJOK, serta bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran olahraga di Sekolah Dasar