DAMPAK ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGUATAN MODAL DAN KINERJA UMKM PADA KELOMPOK USAHA MANDIRI DI BAZNAS PROVINSI NTB

Abdul Basit, Rosidayanti Rosidayanti

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the impact of productive zakat distribution in strengthening the capital and performance of Micro Small and Medium Entreprises. The Micro Small and Medium Entreprises referred to the members of the independent business group in the National Zakat Agency (BAZNAS) in West Nusa Tenggara Province (NTB). The approach used in this research is a qualitative approach with a case study strategy. The data collection technique uses observation, interview and direct documentation to the object concerned. The data validity technique used triangulation. The results of this study indicate that the practice of distributing zakat for productive activities and businesses provided by the National Zakat Agency (BAZNAS) can improve the capital structure, so that it has an impact on capital strengthening. In addition, the assistance or training provided by BAZNAS in NTB Province has an impact on improved business performance being managed. The final impact is an increase in business income managed by mustahik, so as to create independence and welfare for MSME players.

Keywords: National Zakat Board (BAZNAS), Productive Zakat, Strengthening Capital Performance of MSME.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari praktik penyaluran zakat secara produktif terhadap penguatan modal dan kinerja UMKM pada Kelompok Usaha Mandiri di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi langsung kepada objek yang bersangkutan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari praktik penyaluran zakat untuk kegiatan dan usaha produktif yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dapat meningkatkan struktur modal, sehingga berdampak kepada penguatan modal, selain itu, pendampingan atau pelatihan yang diberikan oleh BAZNAS di Provinsi NTB berdampak pada meningkatnya kinerja usaha yang dikelola. Dampak akhir yang dirasakan yaitu terjadinya peningkatan pendapatan usaha yang dikelola mustahik, sehingga tercipta kemandirian dan kesejahteraan para pelaku UMKM.

Kata Kunci: Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Zakat Produktif, Penguatan Modal Kinerja UMKM.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Apat SY. (2015). “Ternyata Zakat itu Hebat”, LAZISMU: Tim Manajemen Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah. info@lazismu.org

Aswad. (2012). Kontribusi Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun dengan Pemikiran Ekonomi Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.

BAZNAS, PPID (Pengelola Informasi dan Dokumentasi). (2019). “Laporan Perkembangan Zakat.” https://pid.baznas.go.id/.

BAZNAS, Divisi Riset dan Kajian Pusat Kajian Strategis. (2019). Outlook Zakat Indonesia. 2019. https://pid.baznas.go.id/.

Bungin, Burhan. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi 2. Jakarta: Kencana.

Desilvia, Iklima. (2016). Strategi Pengelolaan Zakat Produktif oleh BAZNAS Kota Mataram dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat Miskin di Kelurahan Karang Pule, Universitas Islam Negeri Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/920/1/Karmiati152135032.pdf.

Djuanda, Gustian. (2006). Pelaporan Zakat Pengurang Pajak Penghasilan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fakhruddin. (2008). Fiqh dan Manajemen Zakat di Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press.

Hamid, Abdul. (2006). Ekonomi Zakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamidah, Tutik. Zakat Mal dan Zakat Profesi. Semarang: Elzawa Pustaka.

Ibrahim, Muhammad Noor Haji dan Sheikh Abdullah Muhammad Basmeih. (2001). Tafsir Pimpinan Al-Rahman Kepada Pengertian Al-Quran. Kuala Lumpur: Darulfikir.

Karim, Zulkefly Abdul, dkk. (2004). Pendapatan dan Sasaran Perbelanjaan Dana Zakat di Negeri Kedah, Perak, Selangor dan Negeri Sembilan: Isu dan Cabaran.

Karmiati. (2018). Akuntabilitas Penyaluran Zakat Produktif dan Pemberian Usaha Kecil, Universitas Mataram.

Mardani. (2013). Fiqih Ekonomi Syariah Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mufraini, Arif. (2006). Akuntansi dan Manajemen Zakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rakhim, Abdul. (2016). Panduan ZISWAF (Zakat, Infak, Sedakah, dan Wakaf). Bandung: Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Shidiq, Sapiudin. (2017). Fikih Kontemporer. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tambunan, Tulus. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba Empat.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Business Research Center (JBRC).

Yasin, Ahmad Hadi. (2016). Panduan Zakat. Yayasan Dompet Dhuafa. Jakarta: Republika.

Yusuf, A Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama




DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v1i2.2149

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.