URGENSI INTERPERSONAL SKILL DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING UMKM KULINER DI KOTA TASIKMALAYA

Agi Rosyadi, Indi Ramadhani

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine and analyze interpersonal skills and competitive advantages of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) in culinary business in Tasikmalaya City and the influence of interpersonal skills on competitive advantage. The population in this study is included in an unlimited population. The sample size is 100 respondents. The sample technique used was purposive sampling. The sample considerations used in this study are the consumers of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) in culinary business in Tasikmalaya City who have made at least 2 (two) purchases. The analysis tool used is simple regression analysis. The results of this study found that interpersonal skills and the competitive advantage of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) in culinary business in Tasikmalaya City have been achieved very well. The regression results state that interpersonal skill has a positive and significant influence or contribution to competitive advantage by 88%. The positive regression coefficient shows that the better the interpersonal skills you have, the competitive advantages of culinary MSMEs in Tasikmalaya City will increase.

Keywords: Interpersonal Skill, Competitive Advantages, MSME.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis interpersonal skill dan keunggulan bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner di Kota Tasikmalaya serta pengaruh interpersonal skill terhadap keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini termasuk dalam populasi tak terbatas. Ukuran sampel adalah 100 orang responden. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun pertimbangan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen UMKM Kuliner yang telah melakukan minimal 2 (dua) kali pembelian. Alat analisis yang digunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menemukan bahwa interpersonal skill dan keunggulan bersaing UMKM Kuliner di Kota Tasikmalaya sudah dicapai dengan sangat baik. Hasil regresi menyatakan bahwa interpersonal skill memberikan pengaruh atau kontribusi positif dan signifikan pada keunggulan bersaing sebesar 88%. Koefisien Regresi positif tersebut menunjukkan semakin baik interpersonal skill yang dimiliki maka keunggulan bersaing UMKM Kuliner di Kota Tasikmalaya akan semakin meningkat.

Kata Kunci: Keterampilan Interpersonal, Keunggulan Bersaing, UMKM.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Barata, A.A. (2006). Dasar-dasar Pelayanan Prima: Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Cravens, D.W. (1996). Pemasaran Strategis, Alih Bahasa: Lina Salim, Edisi Keempat, Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Hair, J.F., et al., (2010). Multivariate Data Analysis, 7th Edition, New Jersey, Prentice-Hall.

Janasz C. De. Suzanne, Dowd, Schneider. (2015). Interpersonal Skills in Organizations Fifth Edition. New York: Mc Graw Hill International Edition.

Knapp, Mark L., Daly, John A. (2011). The SAGE Handbook of Interpersonal Communication. California: SAGE Publication, Inc.

Moorman, C, Deshpande, R. and Zaltman, G. (1993). “Factors Affecting Trust in Market Research Relationship”, Journal of Marketing, Vol. 57, January, pp. 81-101.

Porter, Michael E. (1994). Keunggulan Bersaing. Tim Penerjemah Binarupa Aksara, Jakarta: Binarupa Aksara.

R. Bramantyo dan Agus Tri Prasetyo. (2007). Interpersonal Skill, Bogor: Pusiklatwas BPKP.

Sugiama, G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen, Guardaya Intimarta, Bandung.

Sunyoto, Danang. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Jakarta: PT. Buku Seru.




DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v1i2.2156

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.