Bagaimana Harga, Promosi, dan Kepemilikan Kendaraan Memengaruhi Permintaan Ojek Online di Kalangan Mahasiswa? (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Siliwangi)

Alek Surya Nugraha, Septian Cahya Azhari, Muhamad Ferdy Firmansyah, Fatimah Zahra Nasution

Abstract


This research aims to determine the influence of price, promotion, and vehicle ownership on the demand for online motorcycle taxi services, both individually and collectively. Students of Siliwangi University for the academic period 2021-2022 were the target of our survey in this study, with a total population of 14,150 students, and 100 students were selected as samples. This research utilized the SEM-PLS method. Data were collected through observation, questionnaires, and literature reviews. The results indicate that the individual effects of price and promotion are positive and significant on the demand for online motorcycle taxi services. This means that as prices become more affordable and promotions become more attractive, the demand for online motorcycle taxi services increases. On the other hand, vehicle ownership has a negative and significant impact on the demand for online motorcycle taxi services, suggesting that an increase in vehicle ownership may lead to a decrease in demand for such services. As a recommendation, companies are advised to offer more attractive promotional deals, adjust prices according to regional coverage, and consider the impact of increased vehicle ownership in adjusting their business models.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, promosi, dan kepemilikan kendaraan terhadap permintaan jasa ojek online baik secara parsial maupun bersama-sama. Mahasiswa universitas Siliwangi periode akademik 2021-2022 menjadi target survei kami dalam penelitian ini dengan total populasi 14.150 mahasiswa dan 100 mahasaiswa menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan review literatur. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh harga dan promosi secara individual adalah positif dan signifikan terhadap permintaan layanan ojek online. Artinya, semakin terjangkau harga dan semakin menarik promosinya, permintaan terhadap layanan ojek online meningkat. Di sisi lain, kepemilikan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan layanan ojek online, menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kepemilikan kendaraan dapat mengakibatkan penurunan permintaan terhadap layanan tersebut. Sebagai rekomendasi, perusahaan disarankan untuk menyajikan tawaran promosi yang lebih menarik, menyesuaikan harga dengan cakupan regional, dan mempertimbangkan dampak kepemilikan kendaraan yang meningkat dalam penyesuaian model bisnis mereka.


Keywords


harga; promosi; kepemilikan kendaraan; SEM-PLS; transportasi daring; perilaku konsumen; Gen Z

Full Text:

PDF

References


Aditi, B., Ardianto, R., & Fachrurazi. (2023). The Impact of Digital Promotion and the Quality of Go-Food Application Services on Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi, 12(01), 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Angela, B., Pangemanan, S., & Rumokoy, F. (2018). Analysis of Consumer Decision Making Before and After Word of Mouth Promotion in Manado (Case Study of Gojek Services). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(1), 141–150.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK”Jember. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia), 7(2), 137–156.

Azhar, M. E., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Sari, M. (2019). The Role of Marketing Mix and Service Quality on Tourist Satisfaction and Loyalty at Samosir. Independent Journal of Management & Production, 10(5), 1662. https://doi.org/10.14807/ijmp.v10i5.937

Dewi, I. M., & Purbawangsa, I. B. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1867. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i07.p04

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Fauzi, A., Maryadi, F., Afrilia, P., Armanda, F., Sulistyowati, W., Zahra, M. A., & Soza, D. (2023). Pengaruh Permintaan Harga, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Transportasi Online. JAMAN: Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 63–72.

Firmansyah, M. F. (2020). Model Ekonomi Pengalaman: Memahami Perilaku Konsumen dan Layanan Konten Berbayar. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 7(2), 152. https://doi.org/10.22146/jps.v7i2.62530

Firmansyah, M. F., & Maulana, H. Z. (2021). Empirical Study of E-Learning on Financial Literacy and Lifestyle : A Millenial Urban Generations Cased Study. International Journal of Engineering, Science & Information Technology (IJESTY), 1(3), 75–81.

Firmansyah, M. F., Maulana, H. Z., Azhari, S. C., & Efendi, M. F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Satisfaction pada Minat Berwisata Sub Urban Kota Tasikmalaya: Apakah Promosi Sosial Media Mengubah Minat Generasi Z ? Journal of Tourism and Creativity, 6(1), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jtc.v6i1.29156

Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management, Vol 1 No.1. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/302

Leksono, R. B., & Herwin. (2017). Image yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(3), 381–390.

Lutfi, H. (2020). Go-Jek: Regulatory Restrictions and Local Wisdom’S Challengers Faced By the Unicorn. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(3), 269–284.

Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2023). The Role of Sales Promotion and Prices on Customer Loyalty of Gojek Service Application Users in Medan. Miceb, 1(1), 1975–1986.

Nisa, A. (2021). Analisis Perilaku Generasi Millenials terhadap Permintaan Transportasi Online di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 9, 144–156.

Ongkojaya, A., Indrayani, I. I., & Aritonang, A. I. (2022). Sikap Generasi Y dan Generasi Z Kota Surabaya Terhadap Pesan Iklan Youtube Gopay Jago “Mencengangkan! Dompet Ini Bisa Curhat.” Jurnal E-Komunikasi, 10(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/13173%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/viewFile/13173/11434

Purwanto, & Sukirno, Z. L. (2014). Komunikasi Bisnis: Perspektif Konseptual dan Kultural (Cetakan 1). Pustaka Pelajar.

Tandirerung, A. C. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Go-Car. Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Darma.

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 28(2), 13–27.

Wibowo, F. P. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Perusahaan PT Gojek Indonesia (Studi pada Penggunaan Jasa Transportasi Online - Gojek di Tangerang). EFEKTIF: Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 9(1), 27–38.

Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. C., & Aristayudha, A. A. N. B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Kasus pada Universitas Bali Internasional). Jurnal Iliah Manajemen Dan Bisnis, 75–92.

Wulur, L. M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). Effect of Service Quality and Brand Trust on Customer Satisfaction and Customer Loyalty Pertamina Hospital Balikpapan. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(01), 72–83. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i01.908

Yulianto, I., Yulianeu, PT, E. G., & Syaifuddin, T. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Counter Handphone di Shiba Communication). Journal of Management, 3(3), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v4i2.8995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

                                                                                                             ____ ____

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi by Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Siliwangi
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare/index
 
WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi Visitor Counter Welfare Stat