Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Digital

Lukman Firdaus, Resti Amelia, Lukman Hakim

Abstract


Indonesia is a country with very abundant natural resources. This can make Indonesia a country with the largest economy in the world. However, Indonesia still has social problems, namely poverty and unemployment. This research aims to explain this problem through empowerment, especially through improving micro, small, and medium enterprises (SMEs). This research method uses descriptive qualitative with a literature study approach supported by secondary data. The results of this research, viewed from an economic aspect, state that the existence of SMEs has an important role in improving the Indonesian economy, especially in the formation of Gross Domestic Product (GDP) and community welfare. The higher the level of social welfare, the higher the country's economic development and growth. For this reason, a strategy is needed to improve MSMEs, one of which is by utilizing advances in digital technology through e-commerce and social media. The government's role is to improve digital infrastructure so that internet access speed can be evenly distributed.

 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Hal ini dapat menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi skala besar di dunia. Akan tetapi, Indonesia masih memiliki kendala pada permasalahan sosial yaitu kemiskinan dan pengangguran. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk menguraikan masalah tersebut melalui pemberdayaan, khususnya melalui peningkatan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka yang didukung oleh data-data sekunder. UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, terutama terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, UMKM perlu dikembangkan salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital melalui e-commerce dan media sosial. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan infrastruktur digital agar kecepatan akses internet dapat merata.


Keywords


UMKM; kesejahteraan masyarakat; media sosial; e-commerce.

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73- 84.

Alansori, A., & Listyaningsih, E. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Kesejahteraan Masyarakat. ANDI (Anggota IKAPI).

Arliman, L. (2017). Perlindungan Hukum UMKM dari Eksploitasi Ekonomi dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 387-402.

Badrudin. (2012). Ekonometrika Otonomi Daerah (Edisi Pert). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM: Masyarakat Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191.

Prasetyo, P. E. (2008). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, AKMENIKA UPY, 2(1).

PP No. 17 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Rahman, A. (2018). Identifikasi Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kuburaya Provinsi Kalimantan. Jurnal Manajemen Pembangunan, 5(1), 17-36.

Roll, M. 2006. Asian Brand Strategy, New York: Palgrave Macmillan

Suhardin, Y. (2007). Peranan Hukum dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Hukum Pro Justitia, 25(3).

Sulaeman, S. 2004. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam Menghadapi Pasar Regional dan Global, Infokop Nomor 25 Tahun XX.

Wilantara, R. F. (2016). Strategi dan Kebijakan Pembangunan UMKM. Bandung: Refika Aditama.

Yuliana, O.Y. 2000. Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis, Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 2 No. 1, hlm. 36-52.

UMKMINDONESIA. (2023, JULI 08). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. Diambil kembali dari umkmindonesia.id: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia

Kementrian Keuangan. (2022, Agustus 24). Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian. Diambil kembali dari Kemenkeu.go.id: https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Ini-Upaya-Pemerintah-Jaga-Peran-UMKM

Databoks. (2022, Oktober 11). Indonesia Punya UMKM Terbanyak di Asean, Bagaimana Daya Saingnya? Diambil kembali dari Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/11/indonesia-punya-umkm-terbanyak-di-asean-bagaimana-daya-saingnya

Badan Pusat Statistik. (2023, 02 06). Ekonomi Indonesia Tahun 2022 Tumbuh 5,31%. Diambil kembali dari bps.go.id: https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/02/06/1997/ekonomi-indonesia-tahun-2022-tumbuh-5-31-persen.html




DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v5i1.9631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

                                                                                                             ____ ____

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi by Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Siliwangi
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare/index
 
WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi Visitor Counter Welfare Stat