KELAYAKAN USAHATANI PADI SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN BENIH BERSERTIFIKAT DAN BENIH TIDAK BERSERTIFIKAT

Dedi Sufyadi, Yayuk Nurveliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya, pendapatan dan kelayakan pada usahatani padi sawah yang menggunakan benih bersertifikat dan benih tidak bersertifikat pada Petani di Kelurahan Sambong Pari Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey pada Petani Padi Sawah di Kelurahan Sambong Pari Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukan jumlah biaya yang dikeluarkan pada usahatani padi sawah yang menggunakan benih bersertifikat adalah sebesar Rp 8.438.102 per Hektar per musim tanam dan pada usahatani padi sawah yang menggunakan benih tidak bersertifikat sebesar Rp 8.135.670 per musim tanam. Pendapatan yang diperoleh untuk usahatani padi sawah yang menggunakan benih bersertifikat Rp 7.114.615 per Hektar per musim tanam sedangkan untuk usahatani padi sawah yang menggunakan benih tidak bersertifikat sebesar Rp 6.618.668 per Hektar per musim tanam. R/C usahatani padi sawah yang menggunakan benih bersertifikat dan benih tidak bersertifikat tersebut layak untuk diusahakan 1,84 untuk petani dengan benih bersertifikat dan 1,81 untuk petani dengan benih tidak bersertifikat. Jika dilihat dari analisis statistik ternyata tidak terdapat perbedaan biaya, pendapatan dan R/C antara usahatani padi yang menggunakan benih bersertifikat maupun tidak bersertifikat.

Keywords


Usahatani, Padi Sawah, Benih

Full Text:

PDF

References


Abas Tjakrawiralaksana. (1983). Usahatani. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Balai Penyuluhan Pertanian. (2010). Program Penyuluhan Pertanian Tahun 2010.

Balai Peyuluhan Pertanian Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. (2010). Desa Sambong Pari, Profil Desa Sambong Pari Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya,

Direktorat Perbenihan & Sarana Produksi Dirjen Hortikultura. (2006). Propil Perbenihan Hortikultura Indonesia. Departemen Pertanian, Jakarta.

Iskandar Andi Nuhung, (2003). Membangun Pertanian Masa Depan. Aneka Ilmu, Semarang.

Said Rusli. (1984). Pengantar Ilmu Kependidikan. LP3S. Jakarta.

Sayogyo dan Pujiwati Sayogyo. 1999. Sosiologi Pedesaan Jidil 2. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sudjana.(1989). Metode Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung

Mosher, A.T. (1991). Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Yasaguna, Jakarta.

Mubyarto. (1989). Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S, Jakarta

Totok Mardikanto. (1990). Pembangunan Pertanian. Tri Tunggal Tata Fajar, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.