KINERJA KELEMBAGAAN AGRIBISNIS PEPAYA CALIFORNIA
Tuti Agustin, Suyudi Suyudi, Hendar Nuryaman
Abstract
Pepaya California merupakan salah satu varietas unggul pepaya. Produksi pepaya nasional pada tahun 2018 mengalami penurunan. Hal ini diduga disebabkan oleh lemahnya peran kelembagaan agribisnis Pepaya California. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelembagaan agribisnis yang berperan dalam pengembangan agribisnis Pepaya California, mengukur tingkat kepentingan dan kinerja kelembagaan agribisnis, serta mengukur tingkat kepuasan petani terhadap kinerja kelembagaan agribisnis Pepaya California tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan populasi sebanyak 125 orang petani Pepaya California. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 31 orang petani. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja kelembagaan agribisnis adalah Importance Performance Analysis (IPA). Untuk mengetahui tingkat kepuasan petani menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua atribut pada penelitian ini termasuk kategori penting dan kinerja kelembagaan agribisnis Pepaya California dalam melaksanakan semua atribut tersebut termasuk kategori baik. Atribut yang menjadi prioritas adalah harga saprodi, kelengkapan alsintan dan keberadaan bank. Secara umum petani Pepaya California di Kelurahan Urug sudah merasa puas dengan kinerja kelembagaan agribisnis, karena atribut-atribut yang ditawarkan secara keseluruhan dinilai petani pelaksanaannya oleh pihak kelembagaan sudah sesuai dengan harapan petani.
Keywords
Pepaya, Kelembagaan, Kepentingan, Kinerja, Kepuasan
References
Badan Pusat Statistik. 2018. Perkembangan Konsumsi Rumah Tangga Komoditas Pepaya per Kapita di Indonesia Tahun 2007-2017. Tersedia: https://www.bps.go.id. Diakses tanggal: 13 Maret 2019.
Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Tanaman Buah-buahan dan Sayuran Tahunan Indonesia 2017. tersedia: https://www.bps.go.id. Diakses tanggal: 05 Maret 2019.
Dixon, W., dan Massey, J. 1991. Pengantar Analisis Statistik (terjemahan: Sri Kustamtini Samiyono). Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
J Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor. 2013. Konsumsi Perkapita Hortikultura. Tersedia dari: http//pkht.or.id/data statistik/konsumsi buah dan sayur. Diakses tanggal: 23 Februari 2019.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
DOI:
https://doi.org/10.37058/ja.v1i2.1378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStatJurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id