Preferensi Konsumen Terhadap Buah Pepaya California di Pasar Banjar

Kia Nurdiana, Suyudi Suyudi, Hendar Nuryaman

Abstract


Buah Pepaya California merupakan komoditi yang bernilai tinggi dan menjadi primadona diantara jenis buah pepaya yang lainnya. Buah Pepaya California menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen berdasarkan sikap konsumen terhadap atribut buah Pepaya California dan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah Pepaya California di Pasar Banjar, Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan teknik survei dan teknik sampling dilakukan secara accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 31 responden dimana semuanya merupakan pembeli buah Pepaya California di Pasar Banjar, Jawa Barat. Analisis yang digunakan adalah analisis Chi Square (X2) dan analisis Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah Pepaya California yang menjadi preferensi konsumen di Pasar Banjar adalah buah Pepaya California yang harganya sedang, rasa buah yang manis, ukuran buah Grade B, warna kulit buah kuning cerah, dan mempunyai tekstur daging buah lembut. Sedangkan atribut buah Pepaya California diurutkan dari yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian buah Pepaya California di Pasar Banjar adalah tekstur daging buah, rasa buah, warna kulit buah, ukuran buah, dan harga.

Keywords


konsumen, pasar, pepaya, preferensi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Perkiraan Total Konsumsi Buah Nasional Tahun 2015- 2016. Tersedia: https://www.bps.go.id. Diakses tanggal: 20 Desember 2019.

Reksodimulyo. 1993. Agribisnis Hortikultura dan Strategi Pengembangannya. Media Komunikasi dan Informasi. 16(4): 36-46.

Sidney Siegel. 1992. Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan ke-2. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Singarimbun, M. dan Sofian Efendi. 1995. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Pustaka Utama, Jakarta.

Sudjana. 2000. Statistik Untuk Ekonomi dan Niaga Edisi 5. Tarsito, Bandung. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.

Tim Mitra Agro Sejati. 2017. Budi Daya Pepaya California. CV Pustaka Bengawan, Sukoharjo.

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2. Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/ja.v2i1.2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id