KELAYAKAN FINANSIAL BUDI DAYA SARANG BURUNG WALET DI KECAMATAN MALINAU BARAT KABUPATEN MALINAU

Bili Caesar, Bayu Nuswantara

Abstract


Usaha penangkaran burung walet merupakan salah satu usaha yang mempunyai prospek cerah untuk dikembangkan di Indonesia pada saat ini. Hal tersebut didukung oleh kondisi lingkungan dan geografis yang sesuai serta sumber daya yang tersedia untuk mendukung kehidupan burung walet yang dapat ditemukan pada beberapa daerah tertentu di indonesia.  Sarang burung walet merupakan usaha pilihan untuk menambah penghasilan dan menjadi usaha yang meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial usaha sarang burung walet di Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau Kalimantan Utara. Metode yang digunakan adalah survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja yaitu di Kecamatan Malinau Barat dengan pertimbangan daerah ini merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki letak geografis yang sesuai dengan kehidupan burung walet. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 pembudidaya sarang burung walet. Penelitian ini menggunakan analisis kelayakan finansial dengan 6 kriteria yaitu R/C Ratio, Break Even Point (BEP), Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Internal Rate Of Return (IRR) dan Analisis Data Secara Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan discount Factor 8 % menunjukan R/C Ratio sebesar 3.10 BEP sebesar Rp. 45.084.475,- NPV sebesar Rp. 627,738,439,- Net B/C sebesar 2.47 dan IRR sebesar 78.63%. Berdasarkan kegiatan tersebut  usaha sarang burung walet ini layak untuk diusahakan secara finansial.

Keywords


Budi Daya Sarang Burung Walet, Finansial Burung Walet

Full Text:

PDF

References


Nazaruddin & A. Widodo. Sukses Merumahkan Walet. Cet. 2 Jakarta: Penebar Swadaya, 1998

Dr. Lim Chan Koon (2002), Swiftlets of Borneo. Lee Ngan Woon (1999), Bird Nest Recipes

Arif Budiman, Memanggil @Mengasuh Walet dengan Sriti Kembang (edisi Revisi), Depok: AgroMedia Pustaka. PT

Mackinnon, Jhon. Panduan Lapangan Pengenalan Burung-burung di Jawa dan Bali. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1994.

Salekat, Nasir, 2009. Membangun Rumah Walet Hemat Biaya. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Mardiastuti, A., Y.A. Mulyani., J. Sugarjito., L.N. Ginoga., I. Maryanto., A. Nugraha., Ismail. 1998. Teknik Pengusahaan Walet Rumah, Pemanenan Sarang dan Penaganan Pasca Panen. Dewan Riset Nasional. Jakarta.

Nazir,Moh. 2005. Metode Penelitian. Cetakan Keenam. Penerbit Ghalia. Indonesia.

Dewi, Siska. 2011. Bisnis Jitu Budi Daya Walet. Jl. Jogja-Solo Km. 11.5. Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta.

Budiman, Arief. 2019. 101 Kiat Mengatasi Permasalahan Budi Daya Walet. Jl. H. Montong No.57, Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630: Redaksi AgroMedia Pustaka.

Tim Penulis PS. Budidaya dan Bisnis Sarang Walet. Cet. 4. Jakarta: Penebar Sawadaya, 1994.




DOI: https://doi.org/10.37058/ja.v2i2.2354

Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF - 294 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Departement, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id