HUBUNGAN ANTARA PERANAN P3A DENGAN PARTISIPASI PETANI ANGGOTA P3A (BERDASARKAN PERSEPSI PARA PETANI P3A MEKAR SAUYUNAN DI ANCARAN KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT)

Dedi Sufyadi, Tedy Hartoyo

Abstract


Penelitian ini melihat bagaimana peran P3A dalam operasionalisasi dan pemeliharaan jaringan irigasi tersier. Utama nya tentang hubungan antara peran P3A dengan partisipasi petani P3A dalam operasionalisasi pemeliharaan jaringan irigasi tersier, berdasarkan persepsi petani P3A Mekar Sauyunan di Daerah Irigasi (DI) Ancaran Kabupaten Kuningan. Metode penelitian dilakukan melalui survai pada petani P3A Mekar Sauyunan yang merupakan salah satu dari lima P3A dalam GP3A Mitra Cai di DI Ancaran Kabupaten Kuningan. Penentuan lokasi penelitian secara purposive dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Kesimpulan sementara yang ingin di jawab yaitu, perihal terdapat hubungan antara peran P3A dengan tingkat partisipasi petani dalam OP jaringan irigasi tersier. Dengan kata lain, semakin tinggi peran P3A maka semakin tinggi pula partisipasi petani anggota P3A tersebut dalam kegiatan OP jaringan irigasi tersier. Hasil penelitian menunjukkan : pertama, peran P3A dalam OP jaringan irigasi tersier telah berjalan baik dengan NT sebesar 86,67 persen. Ke dua, partisipasi petani P3A dalam OP jaringan irigasi tersier telah berjalan baik pula dengan NT  sebesar 88,08 persen. Ke tiga, ada hubungan antara peran P3A dengan partisipasi petani P3A, menurut persepsi para petani P3A Mekar Sauyunan di DI Ancaran Kabupaten Kuningan. Disarankan, pemerintah untuk senantiasa peduli terhadap kepentingan para petani, agar peran P3A dan partisipasi petani P3A dalam OP jaringan irigasi tersier senantiasa bertumbuh.

Keywords


Irigasi, Peran P3A, Partisipasi Petani

Full Text:

PDF

References


Agus Pakpahan.1991. Kerangka Analitik untuk Penelitian Rekayasa Sosial : Perspektif Ekonomi Institusi. Prosiding Evaluasi Kelembagaan, Pedesaan. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Djoni. 1998. Hubungan Interpersonal, Kelompok, dan Lingkungan serta Pengaruhnya terhadap Keefektifan Kelompok. Studi Mengenai Usahatani Terpadu di Kalangan Kelompok Tani di Jawa Barat Bagian Timur. Disertasi. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Ganjar Kurnia. 2004. Petani, Pejuang Yang Terpinggirkan. Depdiknas. UNPAD Bandung.

Hari Prasetijo.2011. Studi Pemberdayaan Lembaga Pengelola Jaringan Irigasi di Tingkat Desa. Fak. Teknik Univ Brawijaya. Malang.

Harun Al Rasyid. 1991. Teknik Sampling dan Teknik Penyusunan Skala. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kopertis Wilayah IV. Bandung.

Helmi. 2001. Peranan Lembaga P3A/Kejruenblang Dalam Konteks Otonomi Daerah Tentang Air Irigasi di Provinsi Aceh. Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah. Banda Aceh.

Ida Dewi Yuliawati. 1997. Analisis Faktor-faktor yang Di duga Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Petani dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi di Tingkat Tersier (Study Kasus Desa Mandopo, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Jurusan Sosial. Fakultas Pertanian. IPB.

KPCMO Program PISP Kab. Kuningan. 2009. Laporan Kegiatan Participatory Irrigation Sector Project (PISP).

Perda Jabar nomor 4 Tahun 2008. Tentang Irigasi.

Rahim Darma dan Letty Fudjaja. 2011. Penguatan P3A untuk Pengelolaan IPAIR dan Pemeliharaan Saluran Irigasi di Kabupaten Pinrang. Jurnal Agrisistem – Vol 7 No 1. ISSN. 2089-0036.

Rizki Akbar Maulana. 2012. Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Partisipatif di Cihea. Rizki_AkbarM@com

Siti Asmaul Mustanirah. 2001. Evaluasi Aspek Kelembagaan Pengelolaan Jaringan Irigasi di Tingkat Petani Pada Usahatani Padi Sawah di Kabupaten Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol 2, no 2, Agustus 2001.

Soekartawi. 2005. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Jakarta. UI Press.

Soekanto,S. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi Baru. Rajawali Press. Jakarta.

Undang-Undang nomor 7 Tahun 2004. Tentang Sumberdaya Air.




DOI: https://doi.org/10.37058/ja.v2i2.2355

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Departement, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id