Analisis Pendapatan Petani Cabai Rawit Mitra PT. Tunas Agro Persada Sayung Kabupaten Demak

Dicky Denira Danu Putra

Abstract


PT Tunas Agro Persada merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian salah satunya budidaya tanaman cabai. Budidaya cabai ini dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pendapatan cabai rawit dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani cabai rawit mitra PT Tunas Agro Persada Sayung Kabupaten Demak. Penelitian dilakukan pada Bulan Desember 2020 pada petani cabai rawit mitra PT Tunas Agro Persada Sayung Demak di Kecamatan Suruh Kota Salatiga dengan pertimbangan perusahaan memiliki potensi budidaya dan penjualan cabai dengan sekala besar. Jumlah petani mitra sebanyak 36 orang petani dengan total luas lahan sebesar 7,85 hektar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian sensus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu pendapatan, profitabilitas, dan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan petani sebesar Rp 47.850.344/musim dan profitabilitas sebesar 201,48%, artinya kegiatan budidaya cabai rawit yang dijalankan sangat layak dan sangat menguntungkan. Secara serempak variabel jumlah produksi, biaya tenaga kerja, biaya pemupukan, dan biaya pestisida berpengaruh signifikan terhadap pendapatan cabai rawit. Secara parsial jumlah produksi dan biaya pemupukan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan cabai rawit, sedangkan biaya tenaga kerja dan biaya pestisida tidak berpengaruh signifikan. Penggunaan faktor produksi tenaga kerja, pupuk, dan pestisida perlu dikurangi jumlahnya hingga mencapai jumlah penggunaan yang optimal agar menekan pengeluaran biaya yang berlebih dan dapat meningkatkan pendapatan kegiatan budidaya cabai rawit.

Keywords


cabai rawit, faktor-faktor, pendapatan, profitabilitas

References


Ambarsari, W., V. D. Y. B Ismadi, dan A. Setiadi. 2014. Analisis pendapatan dan profitabilitas usahatani padi (Oryza sativa) di Kabupaten Indramayu. J. Agri Wiralodra. 6(2) : 19-27.

Ardian, R., W. Sudarta, dan I. K. Rantau. 2017. Perbandingan pendapatan usahatani cabai rawit dengan menggunakan pupuk anorganik dan pupuk campuran(organik, dan anorganik) (studi kasus di Subak Kudungan, Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng). J. Agribisnis dan Agrowisata. 6(2) : 240-248.

Aulia, A.N. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Padi dan Kelayakan Usahatani Vanili pada Ketinggian Lahan 350-800 m dpl di Kabupaten Tasikmalaya. Program Sarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Skripsi Studi Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya).

Baru, H. G., D. Tariningsih, dan I. M. Tamba. 2015. Analisis pendapatan usahatani cabai di Desa Antapan (studi kasus di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan). J. Agrimeta, 5(10) : 14-20.

Batoa, H., A. Jahi, dan D. Susanto. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kompetensi petani rumput laut di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. J. Penyuluhan. 4(1) : 30-38.

Cahyono, B. 2003. Cabai Rawit. Kanisius, Yogyakarta.

Faisal, H. N. 2015. Analisis pendapatan usahatani dan saluran pemasaran pepaya (Carica papaya L) di Kabupaten Tulungagung (studi kasus di Desa Bangoan, Kecamatan Kedunwaru, Kabupaten Tulungagung). J. Agribisnis Fakultas Pertanian Unita. 11(13) : 12-28.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Grasindo, Yogyakarta.

Kementerian Pertanian. 2020. Data Lima Tahun Terakhir Sub-Sektor Hortikultura. https://www.pertanian.go.id/home/?show=page&act=view&id=61 Diakses pada 24 Januari 2021.

Kuswadi. 2006. Memahami Rasio-Rasio Keuangan bagi Orang Awam. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Mulyani, S. 2020. Praktis dan Mudah Menanam Cabai di Rumah. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Prajnanta, F. 2011. Mengatasi Permasalahan Bertanam Cabai. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rostini, N. 2011. 6 Jurus Bertanam Cabai Bebas Hama & Penyakit. Agromedia, Jakarta.

Saefuddin, A., K. A. Natodiputro, A. Alamudi, dan K. Sadik. 2010. Statistika Dasar. Grasindo, Yogyakarta.

Setiadi, Y. 2006. Cabai Rawit Jenis dan Budaya. Penebar Swadaya, Jakarta.

Soekartawi, A. Soebarjo, J. Dillon, dan J. B. Hardaker. 2011. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil Cetakan Ketiga. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Sofa, M. F., Saparto, dan Sumardi. 2020. Analisis pendapatan dan kelayakan usahatani cabai rawit di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. J. Agromedia. 38(1) : 45-49.

Sondakh, N. dan J. O. Rengku. 2017. Faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan pendapatan usahatani cabai rawit di Kabupaten Minahasa Selatan. J. Bisnis dan Kewirausahaan. 13(2) : 74-86.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta, Bandung.

Suharyadi dan Purwanto. 2011. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Saalemba Empat, Jakarta.

Sunarjono, H. 2009. Bertanam 30 Jenis Sayur. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani (Edisi Revisi). Penebar Swadaya, Jakarta.

Suryani, A., A. Fatchiya, dan D. Susanto. 2017. Keberlanjutan penerapan teknologi pengelolaan pekarangan oleh wanita tani di Kabupaten Kuningan. J. Penyuluhan. 13(1) : 50-63.

Susilowati, S. H. dan M. Maulana. 2012. Luas lahan usahatani dan kesejahteraan petani : eksistensi petani gurem dan urgensi kebijakan reforma agraria. J. Analisis Kebijakan Pertanian. 10(1) : 17-30.

Wahyuni, D. W. dan E. Djuwendah. 2018. Analisis pendapatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas cabai rawit pada kelompok mitra tani Desa Mandalahaji Kecamatan Pacet. J. Ilmu Pertanian dan Peternakan. 6(2) : 93-103.

Waliyanti, N. I. 2017. Analisis Supply Demand Komoditas Cabai Merah Besar dan Cabai Rawit (Studi Kasus Pasar Tradisional Kota Makassar). Skripsi Sarjana Pertanian. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Widarjono, A. 2010. Analisis Statistika Multivariate Terapan. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Widjajanta, B., A. Widyaningsih, dan H. Tanuatmodjo. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi. CV Citra Praya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37058/ja.v3i1.3116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id