Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Artikel yang diajukan pada BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan harus mengikuti tata cara penulisan sebagai berikut:

  1. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan pengajuannya dilakukan secara online melalui website Jurnal Perbankan & Keuangan. Pengajuan naskah artikel tidak dikenakan biaya. Penulis harus melakukan login terlebih dahulu. 
  2. Naskah artikel terdiri dari sekurang-kurangnya 2000 kata dan tidak melebihi 10 halaman termasuk gambar dan tabel, tanpa apendiks. File naskah harus berbentuk format Microsoft Office (.doc/.docx). Kertas yang digunakan berukuran A4 (21cm x 29.7cm) menggunakan margin dalam 2.5 cm and margin atas, bawah dan luar berukuran 2 cm.
  3. Judul, Abstrak dan keyword ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
    • Judul naskah tidak lebih dari 15 kata, dengan ketentuan format title case, small caps, centered, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 16, spasi 1.
    • Abstrak tidak memuat gambar ataupun tabel, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, spasi 1, tidak melebihi 250 kata.
    • Keywords terdiri dari 3-5 kata/prase, dipisahkan menggunakan koma, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 10, spasi 1.
  4. Isi Naskah Artikel 
    1. Teks utama dari naskah artikel harus ditulis dalam format dua kolom dengan ukuran colom spacing 1 cm, justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, indentasi baris pertama 5 mm, 1 spasi.
    2. Terdiri dari : Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup, diikuti oleh Pengakuan (Acknowledgment) dan Referensi. 
      • Pendahuluan: Berisi substansi artikel sesuai dengan topik dan tujuannya, terutama alasan baik latar belakang teoritis maupun empiris penulisan naskah. Kemukakan teoretisnya konsep, ide, serta temuan penelitian sebelumnya, bermanfaat sebagai pembanding dan juga memperkuat, memperkaya serta mempertajam diskusi, analisis, dan interpretasi. Presentasi harus urutan kronologis yang koheren. Harus ada korelasi antara logika yang pertama dengan paragraf berikutnya.
      • Pengembangan Hipotesa (Jika Ada): Sebuah anggapan atau penjelasan (teori dan empiris) yang sementara diterima untuk menafsirkan peristiwa atau fenomena tertentu, dan untuk memberikan panduan untuk penyelidikan lebih lanjut. Sebuah hipotesis mungkin terbukti benar atau salah dan harus dapat dipertanggungjawabkan. Jika tetap tidak dapat disangkal oleh fakta, dapat diverifikasi atau dikuatkan.
      • Metode Penelitian: Metode riset berisi mengenai informasi mengenai pendekatan penelitian, desain penelitian, populasi dan sampel, data (tipe dan sumber), teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data (model analisis).
      • Hasil dan Pembahasan: Hasil disajikan secara sistemik, narasi dalam hasil mengandung informasi yang diekstraksi dari data; pembahasan menjelaskan interpretasi yang tegas dari hasil, untuk menjawab tujuan penelitian dan hipotesis (jika ada). Perlu ada argumen pengembangan dengan menghubungkan hasil, teori, dan pendapat, termasuk hasil komparatif dari penelitian sebelumnya. Penting untuk menyatakan kemungkinan hasil kontribusi penelitian untuk ilmu pengetahuan pengembangan.
      • Penutup: Kesimpulan menginterpretasikan hasil dan diskusi penelitian untuk lebih komprehensif. 
  5. Heading hanya boleh dibuat sampai 3 level. 
    1. Heading 1: title case, small caps, left aligned, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 14, 1 spasi, menggunakan penomoran Romawi dengan titik.
    2. Heading 2: title case, left aligned, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, 1 spasi, menggunakan penomoran dengan huruf Kapital diikuti dengan titik.
    3. Heading 3: title case, left aligned, italic, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, 1 spasi, menggunakan penomoran dengan angka diikuti dengan tanda kurung tutup.
  6. Heading 4 tidak diterima dalam penulisan naskah artikel.
  7. Gambar dan tabel harus menggunakan warna hitam dan putih, jika dibuat dalam warna lain, harus dapat dipastikan bahwa gambar dan tabel dapat terbaca jelas ketika dicetak dalam warna hitam putih. Gambar dan tabel harus jelas terbaca dan dibuat dalam ukuran yang proporsional terhadap keseluruhan halaman. Judul gambar dan judul tabel harus menggunakan nomor, dengan font TNR ukuran 9 berspasi 1. Untuk memudahkan pengaturan tampilan artikel/layout, harap menyertakan gambar atau tabel dengan format  .tif/.jpg/.jpeg dalam folder terpisah.
  8. Persamaan Matematis ditulis dengan jelas, menggunakan urutan penomoran, dan dilengkapi dengan informasi yang diperlukan.
  9. Naskah artikel tidak menggunakan nomor halaman termasuk header dan footer.
  10. Semua hypertext links dan section bookmarks akan dihilangkan dari naskah artikel. Jika artikel anda merujuk pada alamat email atau URL, anda harus mengetikkan alamat email atau URL secara lengkap.
  11. Sitasi dan referensi ditulis menggunakan model Mendeley. 
    1. Penomoran Sitasi menggunakan bentuk [1], [2], [3], sesuai dengan urutan kemunculannya.
    2. Wikipedia, personal blog/ blog pribadi seperti blogspot, atau website tidak ilmiah tidak diperkenankan digunakan sebagai rujukan artikel.
    3. Referensi utama harus sekurang-kurangnya 80% dari sekurang-kurangnya 10 referensi.
    4. Referensi harus menggunakan sumber terbaru sekurang-kurangnya 10 tahun terakhir. 
    5. Secara detail, tata cara penulisan naskah artikel dapat diunduh pada template yang telah disediakan.
Dewan redaksi berwenang untuk menolak naskah artikel berdasarkan alasan yang dinyatakan peer reviewer dan membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan ataupun penyesuaian terkait penggunaan bahasa tanpa merubah substansi naskah artikel.  Penyuntingan isi naskah akan terlebih dahulu dikonsultasikan dengan penulis.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam jurnal ini hanya akan digunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan digunakan oleh pihak lain dengan tujuan apapun.