EKSPLORASI TUMBUHAN SUKU ORCHIDACEAE DI KAWASAN GUNUNG GALUNGGUNG KABUPATEN TASIKMALAYA SEBAGAI BAHAN AJAR TUMBUHAN TINGKAT TINGGI

Rinaldi Rizal Putra, Rita Fitriani

Abstract


Gunung Galunggung yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tasikmalaya menyimpan berbagai kekayaan alam, khususnya pada aspek flora. Salah satu kekayaan flora yang berada di Gunung Galunggung termasuk ke dalam suku Orchidaceae. Tumbuhan yang termasuk ke dalam suku Orchidaceae memiliki jumlah spesies terbanyak dibandingkan tumbuhan berbunga lainnya, sehingga banyak diminati oleh semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan suku Orchidaceae di kawasan Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s.d. September 2019 di kawasan hutan Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengamatan/eksplorasi langsung. Eksplorasi dilakukan dengan cara membagi lokasi menjadi tiga stasiun pengamatan. Stasiun I berada pada ketinggian 600 s.d. 800 mdpl, Stasiun II berada pada ketinggian 800 s.d. 1000 mdpl, dan Stasiun III berada pada ketinggin 1000 s.d. 1200 mdpl. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara inventarisasi dan mengambil spesimen tumbuhan yang diduga Orchidaceae. Identifikasi dilakukan secara morfologis dengan mencocokan pada buku panduan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anggrek yang ditemukan di Gunung Galunggung berjumlah sepuluh spesies yang terdiri dari anggrek epifit maupun anggrek terestrial. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengeksplorasi lebih banyak anggrek yang terdapat di kawasan Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya.

Keywords


Suku Orchidaceae; Eksplorasi; Gunung Galunggung; Kabupaten Tasikmalaya

Full Text:

PDF

References


Assagaf, M.H. (2012). 1001 Spesies Anggrek yang Dapat Berbunga di Indonesia. Jakarta: Penerbit Kataelha.

Balgooy, M.J.J. van. (1987). Collecting in: E.F. DeVogel, (Ed.), Manual of Herbarium Taxonomy: Theory and Practice. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organitation Regional Office for Science and Technology for Southeast Asia. 14–19.

Banks, D.P. (2003). Handy Pocket Guide to The Orchids. Singapore: Periplus Editions.

Ježek, Z. (2006). The Complete Encyclopedia of Orchids. Netherlands: Rebo International b.v., Lisse.

Manik, F., R. Suryantini., dan H. Husni. (2017). Identifikasi Famili Orchidaceae di Kawasan Hutan Lindung Desa Sekendal Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Jurnal Hutan Lestari, Vol. 5(2): 183 – 191.

Mahyar, U.W. dan A. Sadili. (2003). Jenis-jenis Anggrek Taman Nasional Gunung Halimun. Bogor: Biodiversity Conservation Project.

Puspaningtyas, D.M. (2009). Inventarisasi Keanakaragaman Anggrek di Suaka Alam Sulasih Talang – Sumatera Barat. Prosiding Keanekaragaman Hayati, pp. 174 – 181.

Putra, R.R., Mercuriani, I.S., dan Semiarti, E. (2016). Pengaruh Cahaya dan Temperatur terhadap Pertumbuhan Tunas dan Profil Protein Tanaman Anggrek Phalaenopsis amabilis Transgenik Pembawa Gen Ubipro::PaFT. Bioeksperimen, Vol. 2(2), pp. 79 – 90.

Putra, R.R. dan Fitriani, R. (2018). Identifikasi Morfologi Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes sp.) sebagai Bahan Ajar Tumbuhan Tingkat Tinggi di Kawasan Wisata Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya. Florea, Vol. 5(2), pp. 85 – 90.

Ram, A.T., M. Shamina, and A.K. Pradeep. (2015). Dendrobium crumenatum (Orchidaceae): A new record for mainland India. Rheedea, Vol 25(1): 69 – 71.

Ramdianti, N., H.A. Hidayah., dan Y. Widiawati. (2013). Kajian Etnobotani Masyarakat Adat Kampung Pulo di Kabupaten Garut. Biosfera, 30(1).

Sadili, A. (2011). Keanekaragaman, Persebaran, dan Pemanfaatan Jenis-Jenis Anggrek (Orchidaceae) di Resort Citorek, Taman Nasional Gunung Halimun – Salak Jawa Barat. Biosfera, Vol. 28(1), pp. 15 – 22.

Sufaati, S., V. Agustini., dan Suharno. (2016). Short Communication: Fusarium as Endophyte of Some Terrestrial Orchid from Papua Indonesia. Biodiversitas, Vol. 17(1): 366 – 371.

Sutarno dan Setyawan, A.D. (2015). Biodiversitas Indonesia: Penurunan dan Upaya Pengelolaan untuk Menjamin Kemandirian Bangsa. Pros. Semnas Masyarakat Biodiversitas Indonesia, Vol. 1(1), pp. 1 – 13.

Vimal, S., M.C. Nisha., and S. Rajesh-Kumar. (2018). In Vitro Propagation of Phaius Tankervilleae (Banks) Blume. International Journal of Innovative Science and Research Technology, Vol. 3(11), 805 – 808.




DOI: https://doi.org/10.34289/292824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING