PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BIOLOGI

I Ketut Surata

Abstract


Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas biologi siswa melalui pendekatan CTL berbasis LKS. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas Biologi siswa. Aktivitas belajar siswa berada pada kategori aktif. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 30,89 (cukup aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 39,82 (kategori aktif), berarti mengalami peningkatan sebesar 28,90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis LKS dapat meningkatkan aktivitas biologi pada siswa kelas VII.

Keywords


CTL; LKS; Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Ardana,W. 2000. Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Blanchard, A. 2001. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: B.E.S.T.

Depdiknas. 2002. Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jhonson. 2000. Contextual Teaching And Learning : What It Is And Why It’s Here To Stay. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: Mlc.

Juliantara, K. 2010. Aktivitas Belajar. [Accesed 2010 July 18]. Available From: Http://Edukasi. Kompasiana.Com

Nelly. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Lingkungan Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sains Ipa (Biologi) Siswa Kelas Ix E Smp Negeri 1 Margaâ€. (Skripsi). Tabanan: Ikip Saraswati.

Nurhadi B. Y. , Agus Gerrad, S. 2003. Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching And Learning/Ctl) Dan Penerapannya Dalam Kbk. Universitas Negeri Malang (Umpress): Ikip Malang.

Nurkancana & Sunartana, 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.34289/292826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING