Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dipadu RQA Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang

Miswandi Tendrita, Alvina Putri Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap di setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan atau pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang dengan subjek penelitian sebanyak 42 orang pada mahasiswa semester 7, mata kuliah pembelajaran biologi abad 21. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi mahasiswa dengan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) dipadu RQA berbasis Lesson Study pada perkuliahan pembelajaran abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi mahasiswa semester 7 perkuliahan pembelajaran abad 21 dengan peningkatan motivasi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,55%. Sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi mahasiswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,21%.


Keywords


Student Team Achievement Divisions (STAD), Lesson Study, Motivasi Belajar, Kmampuan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Bahtiar. (2013). Potensi Pembelajaran yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS) dan Reading Questioning anf Answering (RQA) untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Multietnis di Ternate. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1-7.

Corebima, A.D. (2009). Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional, Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang genetika UM. Malang: Universitas Negeri Malang.

Daud, F. & Fausan, M. M. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeNumbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan HasilBelajar pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Kelas VII.A, SMPN 5Takalar. Jurnal Chemica, (12). (Online), (https://www.google.co.id/.unm.ac.id%2Findex.php%2Fchemica%2Farti cle%2Fview%2F138%2Fpdf)

Dixon, T., & O’Hara, M. (1997). Communication Skills. London: University of Ulster.

Driscoll, M. (2000). Psychology of Learning for Instruction. Needham Heights, MA: Allyn &Bacon.Ersanto, G. F. (2013). Penerapan pembelajaran Kooperatif Teams Gamestournament Dipadu dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Lesson StudyUntuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.10 SMANegeri 1 Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills. A Guide to evaluating mastery and authentic learning. Thousand Oaks, California: A Sage Company.

Ibrohim & Syamsuri, I. (2010). Lesson Study sebagai Pola Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan dalam Workshop Lesson Study untuk Mahasiswa, Guru, dan dosen FMIPA Universitas Negeri Malang Semester Genap 2010/2011, Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang 7 januari 2011.

Johnson DW, Johnson RT, Taylor B. (1999). Making cooperative learning work. Theory into Practice, 38(2): 67-73.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance. New York: Springer.

Killen, R. (2007). Effective Teaching Strategies for OBE Teaching. 2nd Edition. Boston: Social Science Press.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widisasarana Indonesia.

Lie, A. (2005). Cooperating Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning diRuang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Indenfield, G. (1997). Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

McCafferty, S. (2006). Cooperative learning and second language teaching. Cambridge University Press, New York, NY.

Mills, R. J. (2004). Kids CollegeTM 2004: An Implementation of the ARCS Model of Motivational Design.Utah, US: Utah State University.

Muijs, Daniel & Reynolds, David. (2008). Effective Teaching: Teori Dan Aplikasi . Terj Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta : Pustaka pelajar. (Buku asli diterbitkan pada 2008).

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan. Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Palmer, D. (2007). What Is the Best Way to Motivate Students in Science? Teaching Science-The Journal of the Australian Science Teachers Association, 53(1): 38-42.

Saavedra, A.R., & Opfeer, V.D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Science. Rand Corporation: A Global Cities Education Network Report.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setjo, S. A. (2005). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Kontekstual Biologi. Malang: FMIPA UM.

Slavin, R. E. (1986). Using student Team Learning. Baltimore: John Hopkins University, Center for Research on Elementary and Middle Schools.

Slavin, R. E. (1991a). Synthesis of research on cooperative learning. Educational Leadership, 48 (5), 70- 88.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Susilo, H. dkk. (2011). Lesson study Sekolah Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Jatim: Bayu Pubshing.

Trilling & Fadel (2009). 21st Century Learning Skills. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.

Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayati. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan TPS dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Blitar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.




DOI: https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING