Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Bangka Belitung untuk Pendidikan Konservasi Lingkungan Pada Materi Flora dan Fauna

Erika Fitri Wardani, Yuanita Yuanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan layak pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah research and development dari Timpuslitjaknov dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, instrumen ahli, dan angket. Tahap pertama analisis kebutuhan pada kurikulum, materi pembelajaran, dan bahan ajar dengan wawancara 3 (tiga) dosen PLH dihasilkan penambahan metode keterbaharuan pada RPS dan LKM berbasis flora dan fauna Bangka Belitung. Tahap kedua pengembangan produk awal dilakukan analisis flora dan fauna yang termasuk kearifan lokal Bangka belitung antara lain: mentilen, pelanduk, kelaras, trenggiling, simpor, pohon pelawan, nyatoh, betor, dan rukam. Tahap ke tiga berupa validasi ahli dari 3 tim ahli yaitu ahli bahasa diperoleh rata-rata 85% (sangat valid) dan kriteria kelayakan (sangat baik), ahli materi kevalidan diperoleh rata-rata 90 % (sangat valid) dan kriteria kelayakan (sangat baik), rata-rata persentase ahli media 83% (sangat valid) dan kriteria kelayakan (sangat baik). Tahap ke empat dilakukan hasil uji skala kecil pada 6 mahasiswa dan diperoleh rata-rata respon sebesar 81 % (baik), dan tahap kelima dilakukan uji coba lapangan skala besar dengan rata-rata respon mahasiswa sebesar 90% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, perangkat pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal Bangka Belitung untuk pendidikan konservasi lingkungan pada materi flora dan fauna telah memenuhi kriteria untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Perangkat Pembelajaran; Kearifan Lokal; Pendidikan Konservasi Lingkungan; Flora dan Fauna

Full Text:

PDF

References


Dwi, Retno Sawitri. 2018. Pengembangan Buku Saku Keragaman Flora Dan Fauna Bangka Belitung Untuk Pendidikan Konservasi Lingkungan Bagi Siswa Kelas IV:Skripsi STKIPMBB

Djoko, setiono. 2011. Pendidikan konservasi. Dalam pelatihan pendidikan konservasi alam angkatan 26. Makalah disajikan dalam the Indonesian wildlife conservation foundation (IWF) dan Balai Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, 18-19 Juli 2011.

Fahmanisa, Ulfa. 2014. Tips Memahami Peserta Didik. Bandung: CV Boenz Enterprise.

Fauzi, Akhmad. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungn. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hamid, dkk. 2015. Konservasi Biodeversitas Raja Ampat Lindungi Ragam Lestarikan Indonesia. Journal of Biological Researches. Vol.4 No. 6 ISSN: 2338-5421

Izzah, I. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Touch And Play 3D Images Berbasis Adobe Flash Materi PancaIndera Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kusumayati, E, N. 2017., Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Tesis, hh. 46 & 58.

Mappiare-AT, A., Ibrahim, A.S. & Sudjiono. 2015. Budaya Komunikasi Remaja-Pelajar di Tiga Kota Metropolitan Pantai Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 16 (1): 12-21, (http://www.umm.ac.id) diakses 28 Oktober 2009

Mumpuni, Dkk. 2016. Peran Masyarakat dalam Upaya Konservasi. Jurnal Biologi, Sains, lingkungan dan pembelajarannya. Sp: 016-12.

Rahman, Maman. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. Forum ilmu sosial.Vol. 40 No. 1 FIS40 (1) (2013).

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Timpuslitjaknov. 2008. Metodologi Penelitian Pengembangan : Departemen Pendidikan

Sari, Nia, dan Ratna Wardani. 2015. Pengelolaan dan Analisis Data Statistik dengan SPSS. Edisi 1. Cetakan 1. Yogyakarta: Deepublish Nasional.

Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 .â€Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Undang Undang Republik Indonesia No.5 Tahun 1990: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING