Buku Pintar “Daun”: Uji Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci

Emayulia Sastria, M. Eval Setiawan, Heny Novia Ningsih, Wilda Purnawati

Abstract


Buku pintar “Daun: merupakan sumber belajar berdasarkan ketersediaan kekayaan jenis daun di lingkungan kampus. Buku ini dapat dijadikan sumber belajar  dalam mengaatasi kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi mengenai identifikasi variasi struktur daun. Ppenelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan kepraktisan buku pintar’ Daun’. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, dan Evaluation). Uji validitas didapatkan dari ahli materi dan ahli media. Pada uji praktikalitas dilakukan pada mahasiswa berjumlah 9 orang. Dari hasil validasi diketahui bahwa materi pada buku memperoleh nilai sebesar 1.91 dengan kategori sangat tinggi dan validasi media mendapat nilai sebesar 1.89 dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil validasi diketahui bahwa buku memiliki yang sangat baik. dari uji kepraktisan didapat skor 3, 09 dengan kategori praktis. Dari uji yang dilakukan diketahui bahwa buku pintar yang dikembangkan telah sangat baik dan praktis sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran atau uji lebih lanjut.

Keywords


Buku Pintar ‘Daun’; Model Pengembangan; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Abdullah,S.R..(2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Askara

Berlin,s & Kurniasih, I. (2014). Sukses Mengimpletasikan Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.

Branch. (2009). Intructional Design : The ADDIE Appoach. New York : Springer.

Darmawan Napitulu, “ Studi Validitas Reabilitas Sukses Implementasi E-government Berdasarkan Pendekatan Kappa”, Journal Of Information Systems, vol.10, tahun 2014 h.74

Guswika Hajmia. (2017). Pengembangan Media Penyuluhan Berupa Buku Pintar Tumbuhan Obat, Jurnal pendidikan, vol.2 (12). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/. DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI.

Hendriyani, W., Hasnunidah, N., Yolida, B. (2020) Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Peredaran Darah Manusia Dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI). Bioedusiana: jurnal Pendidikan Biologi vol 5 (1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed DOI: 10.34289/bioed.v5i1.1455

Setiawan,M.E., Suhadi., Indriwati. SE. (2016) Analisis pengetahuan mahasiswa pecinta alam tentang tumbuhan survival dihutan sebagai bahan pengembangan buku pegangan ilmiah populer, jurnal pendidikan sains, vol 4 hlm.144-151.

Sugiyono, 2013. Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D , Bandung : Alfabeta.

Yulaelawati. (2007). kurikulum dan pembelajaran cetakan II. Jakarta : Prakarya.

Yusmiari. (2017). Pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap, Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha ,vol 05 (1).




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2196

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING