Studi Kasus SMA di Banten: Proses Pembelajaran Biologi SMA Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa

Umaya Tri Anggraini, Iing Dwi Lestari, Aditya Rahman KN, Usman Usman, Ika Rifqiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi SMA melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA di Banten serta faktor penghambat pengembangan keterampilan pemecahan masalah pada implementasi kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian ini pada 7 SMA negeri di Banten. Sumber data dalam penelitian yaitu guru pelajaran biologi dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan angket respon guru dan siswa. Hasil  yang didapat dalam penelitian ini yaitu hasil observasi memperoleh skor 65 % termasuk dalam ketegori baik dan hasil kuesioner 76 % termasuk dalam ketegori baik. Rata-rata skor yang didapat yaitu 71 % dengan kategori baik Adapun faktor pengembangan keterampilan pemecahan masalah yaitu kurangnya literasi membaca, rendahnya motivasi belajar, rendahnya rasa percaya diri siswa, pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan model konvensional, sarana prasarana yang kurang mendukung. Disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah melalui proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada 7 SMA negeri di Banten sudah berkategori baik walaupun terdapat faktor yang menghambat pengembangan keterampilan.

Keywords


Keterampilan Pemecahan Masalah; Kurikulum 2013; Pendekatan Saintifik; Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


Bahri, A., Devi P., & Irma, S.I. (2018). Peran PBL Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat. 7(2),114-124

Elvis, E. N. (2008). Mengembangkan Strategi Dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika. Pythagoras. 2(2), 26-36.

Fitrianti, F. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.10(1),89-102.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi.3(1),69-80.

Laksana., DNL & Dasna IW. (2017). Bagaimana Melakukan Penilaian Proses Pada Pembelajaran Berbasis Inquiry. Journal Education Technology. 1(4),224-230.

Miles, M.B., & A.M. Huberman (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, M.A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rosdakarya.

Purbaningrum, K. A. (2017). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jppm, 10(2),40-49.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Puspendik. (2019). Ujian Nasional (UN)/ Puspendik. Diakses Dari Http//Puspendik.Kemdikbud.Go.Id. 24 November 2019, Pk.18.52.

Rahayu, IAT. (2019). Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Journal Of Vocational And Technical Education. 1(1), 1-6.

Reys, R. E., Suydam, M.N, Lindquist, M. M., & Smith, N. L. (1998). Helping Children Learn Mathematics (5thed.). Usa : Allyn And Bacon.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Setiawan, et al. (1997). Pengaruh Distorsi Motivasi Terhadap Tes Forced Choice. Psikologika. 2(2), 67-75.

Shofia, et.al. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Berbasis Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Kadikma.9(3),171-182.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran K13. Jurnal Pendidikan Profesional. 5(3), 116-125

Suteng, B.S. (2012). Problem Solving Signifikansi, Pengertian Dan Ragamnya. Jurnal Satya Widya. 28(2), 156-165

Veronica, T., Eko S., & H. Dedy (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Lebong. Jurnal Kumparan Fisika.1(2),31-39.

Widyoko, EPS. (2009). Evaluasi Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yuningsih & MJ. Susilo (2018). Kajian Pendekatan Analogi Dalam Pembelajaran Biologi Yang Bermakna. Jurnal Riset Dan Konseptual. 3(3),268-279.

Lestari, ID.(2020). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi UNTIRTA dalam Pembuatan Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 3(1), 126-128.

Usman, Mulyani, S.E.S & W. Priyantini. (2017). Aalisis Kesesuaian RPP terhadap Pelaksaaan Pembelajaran Biologi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of innovative Science Education. 6(2), 244-251




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2465

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING