Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Nurlia Nurlia, Sulasmi Anggo

Abstract


Perkuliahan secara daring dianggap menjadi solusi terbaik di tengah pandemi Covid-19, namun dalam pelaksanaannya tidak menutup kemungkinan terdapat kendala. Berbagai kendala yang dialami selama proses perkuliahan daring serta harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan akan menimbulkan banyak persepsi dari mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi terhadap perkuliahan daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu mahasiswa yang aktif mengikuti perkuliahan daring selama 2 semester sehingga diperoleh sebanyak 49 mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket yang diisi oleh mahasiswa melalui Google Formulir terdiri atas 10 pernyataan. Data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh nilai frekuensi dan persentase kecenderungan persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 44,9% mahasiswa setuju perkuliahan daring dapat diakses secara mudah, 61,2% setuju perkuliahan daring tepat waktu dan sesuai dengan jadwal, 69,4% setuju bahwa materi yang disajikan secara daring sesuai dengan kontrak perkuliahan/RPS, 42,9% tidak setuju jika perkuliahan secara daring menambah pemahaman teori dan keterampilan, 77,5% setuju mendapatkan kemudahan dalam mengirim tugas dalam perkuliahan daring, 94% setuju bahwa Dosen memberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi, 98% setuju bahwa Dosen memberikan respon terhadap pertanyaan yang muncul selama perkuliahan secara daring, 98% setuju Dosen selalu menemani ketika pembelajaran secara daring hingga selesai, 91,9% setuju Dosen menjelaskan arah dan tujuan dalam setiap pembelajaran secara daring, dan 55,1% tidak setuju jika perkuliahan daring memberi kemudahan dalam berinteraksi dengan mahasiswa lain.

Keywords


Persepsi; Perkuliahan Online; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alam, S. & Jackson, L. (2013). A Case Study: Are Traditional Face-To-Face Lectures Still Relevant When Teaching Engineering Courses?. International Journal of Engineering Pedagogy (iJEP), 3 (4), 9–16.

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3 (1), 44-58. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Carolina, I., Supriyatna, A., & Puspitasari, D. (2020). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Riset dan Information Science (SENARIS), 2, 342-347.

Gikas, J. & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices In Higher Education: Student Perspectives On Learning With Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet And Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150- 167. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416

Maulah, S., Nurul, A. F. & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2), 49-61. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6

Maulana, H. A. & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8 (2), 224-231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60.

Saifuddin, M. F. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, 29 (2), 102-109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Saragih, O., Sebayang F. A. A., Sinaga, A. B. & Ridlo M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7 (3), 178-191. https://doi.org/10.21093/twt.v7i3.2624

Sugihartono., Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, A. S., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2925

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING