PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR

Romy Faisal Mustofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis pada materi bryophyta dan pterydhophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan bulan Januari 2018 di SMA Negeri 3 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi bryophyta dan pterydhophyta. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis pada materi bryophyta dan pterydhophyta.

Keywords

critical thinking skills, learning cycle 5E, learning outcomes, bryophyta and pterydhophyta

Full Text:

PDF

References

Arnyana IBP. 2007. Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 40( 2).

Costa, A. L. 1985. Teacher behaviors that enable student thinking. Developing minds: A resource book for teaching thinking. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Creswell, John W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fisher, A. (2011). Critical thinking: An introduction. Cambridge University Press.

Iryance, Iin. 2014. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kesatuan Bogor”. Jurnal Pendidikan Sejarah Vol:3 No: 1 Tahun: 2014 Hal:13-22.

Novianti, Aryani. et. al., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan berpikir Kritis Siswa. EDUSAINS. Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 110-116.

Purwanto, Ahmad. 2014. Implementasi Model Learning Cycle 5E Disertai LKS untuk Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Biologi. Bioedukasi. Vol:5 No: 1 Tahun: 2014.

Resty, Putu Dian Cita. et al. (2017). Pengaruh Model Siklus Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Kompyang Sujana kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. E-journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.

Sadia. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 41(2).

Susilaningrum, Dian Fajarwati. et. al., 2017. Studi Komparasi Antara Penerapan Model Learning Cycle 5E dan Discovery Learning terhadap Capaian Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Boyolali. Proceeding Biology Education Conference. Vol: 14 No: 1 Tahun: 2017 Hal:331-339

Wulandari, Nadiah. et. al., 2011. Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tekno-Pedagogi Vol:1 No: 1 Tahun: 2011 Hal:14-24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.