PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JAMUR

Mufti Ali

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Jamur (studi eksperimen di kelas X SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Mei 2018 di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya sebanyak dua kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 178 orang. Sampel penelitian sebanyak 35 orang peserta didik di kelas X MIA 4 dan di kelas X MIA 3 sebanyak 36 orang peserta didik di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling (penentuan dengan pertimbangan tertentu). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik pada konsep Jamur. Tes ini berupa pilihan majemuk sebanyak 30 butir soal dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf nyata α = 0,01. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pengunaan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Jamur di kelas X SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018.

Keywords

Discovery Learning, Learning Outcomes, Mushrooms

Full Text:

PDF

References

Anderson, L.W., dan David R.K. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: pustaka Belajar.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Campbell, Neil A., Reece, J.B., Urry, L.A., Cain, M.L., Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., dan Jackson, R.B. 2012. Biologi (Edisi Kedelapan Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Fathrrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alterantif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hernawan, Edi. 2016. Pengantar Statistika Parametrik Untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: LPPM UNSIL.

Hernawati, Diana. 2015. Penuntun Praktikum Botani Cryptogamae. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Inplementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Rosdiana, Didi Tanah Boleng, dan Susilo. 2017. “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal pendidikan: Teori, Penelitian,dan Pengembangan Volume: 2 nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 201. EISSN: 2502-471X. Halaman: 1060-1064.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Ed. 2-Cet. 6. Jakarta: Rajawali Pers

Sani, Ridwan Abdul. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supratman. 2009. Membandingkan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tipe Stad pada Materi Lingkaran. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN : 978-979-16353-3-2. Halaman: 185-208.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Webster, Jhon dan Weber, Roland. (2007). Introduction to Fungi. New York: Cambridge University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.