PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA TORSO

Popo Musthofa Kamil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajaranya menggunakan media pembelajaran  powerpoint dengan media Torso pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas XI IA SMAN 5 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan mulai Januari 2015 s/d Mei 2016 di kelas XI IA SMA N 5 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 3 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IA 2 dan XI IA 3 yang diambil dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes. Data yang diperoleh dari hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media powerpoint dengan media Torso pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas XI IA SMAN 5 Tasikmalaya. Siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media powerpoint diperoleh rata-rata 18,4, lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media Torso yang memperoleh rata-rata 16,2.


Keywords


Media power point, torso, study results

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan David R.K. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: pustaka Belajar.

Aqib, Zainal .2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitors

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.