PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL

Heldi Aristiadi, Rinaldi Rizal Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan April 2018 di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya, sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 320 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-D yang dijadikan kelas kontrol dan kelas VII-E yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berjumlah 38 butir soal yang berbentuk pilihan ganda dengan empat option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji t deskriptif dengan taraf signifikan (α) = 5%.Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018.


Keywords


Student worksheet; students’ learning outcomes; global warming

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Achmad, R. (2011). Isu Lingkungan Global. Jurnal Kimia Lingkungan.1(3):1-34.

Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Sains 5(1) : 38-45. UNESA

Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Ardika, P.R.U., & Wahyudi, I. (2016). Pengaruh Lks Pjbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3) : 115-126. Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penellitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, K.T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7): 11-21.

Arya Wardhana, Wisnu. (2010). Dampak Pemanasan Global. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Bessy, E. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Penerapan Metode Berbasis Tugas Proyek Bagi Siswa kelas X Semester II SMAN 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2015/2016. EDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maluku Utara (Juni, 2015). 14(2) : 482-493.

Damayanti, D.S., Ngazizah, N., & Setyadi, K.E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Fitriani, F., Hasan, M.H.M., & Musri, M. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1).

Himala, Sidra P. T., et.al. (2016). “Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMAâ€. Jurnal Bioedu. Vol. 5 No. 3. ISSN: 2302-9528. Universitas Negeri Yogyakarta.

Katriani, Laila. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Makalah disampaikan dalam PPM “Pelatihan Pembuatan Perencanaan Pembelajaran IPA untuk Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru, 24 Oktober, Yogyakarta.

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemendtrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A.D., & Zubaidah, S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1).

Novita, D., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Pembelajaran Materi Segitiga di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-12.

Pratiwi, Rizky Agung. (2015). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogi. Vol 3. No 5.

Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education journal, 2(2).

Widodo, Ari, (2005). Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Vol 6. No 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.34289/277886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING