PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN INDUCTIVE THINKING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Asep Yudi Supriatna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dan model pembelajaran  Inductive Thinking pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Awipari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai dengan bulan April 2016 di MAN Awipari Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN Awipari Kota Tasikmalaya sebanyak 4 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 128 orang. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu, kelas X MIA 3 dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dan kelas X MIA 4 dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inductive Thinking, yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan. Tes ini berupa soal uraian, sebanyak 11 nomor dari 15 butir soal yang telah valid yang disesuaikan dengan 11 indikator soal dalam berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dan model pembelajaran Inductive Thinking pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Awipari Kota Tasikmalaya.

Keywords


Profil, Berpikir, Kritis, Model, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. dkk. (2012). Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik. Bandung : Rizqi Press.

Anderson, L. W. dan David. (2015). Kerangka Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Pelajara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Ennis, R. H. (2001). ”Critical Thinking Assesment”. Artikel.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Handayani. dkk. (2014). ”Pembelajaran Biologi Dengan Concept AttainmentModel Menggunakan Teknik Vee Diagram Dan Concept Map Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Ilmiah”. Jurnal Inkuiri. 3. (2). 16-27.

Hernawan, Edi. (2014). Pengantar Statistika Parametrik Untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Huda, Miftahul. (2014). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, Imam. dan Anggarini Retno Palupi. (tanpa tahun). ”Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran , Penggajaran dan Penilaian”. Jurnal IKIP Madiun.

Jihad, Asep. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Joyce, Bruce. dan Weil, M (2009). Models of Teaching, Model - model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Listyaningrum. R. I. dkk. (2012). “Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012”. Pendidikan Biologi. 4. (1). 56-67.

Mardiya. (tanpa tahun). Mengelola Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Memperbaiki Mutu Hidup. Artikel : tidak diterbitkan.

Nurhayati, Nunung. (2013). Pencemaran Lingkungan. Bandung: CV Yrama Widya.

Sastrawijaya, A. T. (2009). Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor ya3ng Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS.

Sutarno, M. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: https://fisika21.wordpress.com /2009/11/15/keterampilan-berpikir-kritis/. [29 November 2015].

Tanwil, Muh. dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar : UNM Press.

Thabroni, M (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yokyakarta : Ar-ruzz Media.

Tim penyusun. (2015). Pedoman Penuliasn Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi. Tasikmalaya : FKIP UNSIL

Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2000). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 150 Tahun 2000 tentang Pengendalian Kerusakan Tanah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Jakarta: Sekretariat Negara.

Wardhana, W. Arya. (2011). Dampak Pencemaran Lingkungan :Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.34289/285226

Article Metrics

Abstract view : 937 times
PDF - 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING