PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS QR CODE TECHNOLOGY PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DENGAN TERINTEGRASI KEPADA AL-QURAN DAN HADITS SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 PUNGGUR

Hafis M. Kaunang Ataji

Abstract


Pengembangan modul ini didasari oleh  proses pembelajaran yang sudah menggunakan media internet, tetapi kenyataannya penggunaannya saat proses pembelajaran belum maksimal dan pemanfaatan internet untuk belajar belum dapat mengarahkan siswa untuk mencapapai tujuan pembelajaran serta belum terintegrasikannya Alquran dan Hadis kedalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis QR Code technology pada materi sistem reproduksi manusia dengan terintegrasi Alquran dan Hadis  sebagai sumber belajar biologi kelas XI SMAN 1 Punggur yang layak digunakan oleh peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Thiagarajan pada tahun 1974 yang hanya mengambil 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil persentase kevalidan yaitu dari Ahli Desain 81,30%, Ahli Materi 92,50%, Ahli Tafsir Alquran dan Hadis 88,50% dan uji  coba kelompok kecil dengan hasil 84%. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan maka modul berbasis QR Code technology pada materi sistem reproduksi manusia dengan terintegrasi Alquran dan Hadis  sebagai sumber belajar biologi kelas XI SMAN 1 Punggur yang layak digunakan untuk peserta didik.

Keywords


Pengembangan modul; QR Code Technology; Alquran dan Hadis

Full Text:

PDF

References


Asyhar, H. R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

De Pietro, O., & Fronter, G. (2012). Mobile Tutoring for Situated Learning and Collaborative Learning in AIML Application Using QR-Code. 2012 Sixth International Conference on Complex, Intelligent, and Software Intensive Systems (pp. 799-805). doi: 10.1109/CISIS.2012.154.

De Pietro, O. (2013). Authentic and Situated Learning with the Use of an Adaptive Search Engine and a QR-Code in Mobile Mode International. Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 4(3), 19-30.

Law, C. (2010). QR Codes In Education. Jounal Of Education Technology Development And Exchange. Vol 3. No. 1. 85-100

Lee, J., Lee, I., & Kwon, Y. (2011). Scan & Learn! Use of Quick Response Code & Smartphoner s in a Biology Field Study. The American Biology Teacher. 73(8), 485-492.

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam), Volume. 28(3) 484-498.

Musthafa,S.F. (2010). Kurikulum Pendidikan Anak Muslim. Surabaya: Pustaka ElBA

Nurbaiti, A., dan Agil, L. (2017). Pengembangan Modul Pada Materi Protista Melalui Pengintegrasian Nilai Spiritual Ke-Isaman Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. ISBN: 978-602-70313-2-6. 307-312.

Novitasari, E., Masykuri, M., dan Aminah, N.S. (2016). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif di Kelas VII SMP/MTS. Jurnal Inkuiri, Vol 5(1): 112-121.

Purwaningrum, S. (2015). Elaborasi Ayat-Ayat Sains dalam Alquran Langkah Menuju Integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Inovatif. Vol 1(1).

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Ramlan, H., dan Kamaluddin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol. 1(2): 12-17.

Saenab. (2017). Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quick Respons Code. Jurnal Bionature, Volume 17(1): 58-62.

Sani, A. R. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wulandari, H., dan Agil, L. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Siklus Belajar Untuk Siswa Kelas XI SMATeladan 1 Metro. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7(1): 129-130.

Zpalanzani, M. A., Agus S. (2013). Napak Tilas Tata Rupa Dan Cetak Sampul Novel di Indonesia (1931-2010). Visualita Journal. Vol. 5(1): 76-77.




DOI: https://doi.org/10.34289/285231

Article Metrics

Abstract view : 1897 times
PDF - 614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING