KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN MARGOREJO VI SURABAYA MELALUI MODEL JIGSAW

Evi Susanti

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis berdasarkan penalaran logis. Pada prinsipnya, orang yang mampu berpikir kritis adalah orang yang tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu, mereka akan mencermati, menganalisis dan mengevalusi sebelum menentukan apakah mereka menerima atau menolak informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan soal pretest dan posttest dengan ketuntasan KKM 75. Model pembelajaran Jigsaw merupakan model pembelajaran yang di desain dengan pola kelompok asal dan ahli untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain. Sintaks model pembelajaran Jigsaw yang digunakan adalah (1) pembagian kelompok (2) pemberian materi (3) anggota kelompok mempelajari bagian materi yang di tugaskan (4) pertemuan kelompok ahli (5) kembali ke kelompok asal (6) pemberian kuis. Peneliti mengukur model pembelajaran Jigsaw dengan mengggunakan lembar keterlaksanaan model Jigsaw. Pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen, dan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design dengan jumlah subyek sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji statistic non-parametrik dengan analisis uji Mann Whitney, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Berdasarkan hasil output “Test Statistics” dari uji Mann Whitney menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H_1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest  dan posttest serta ada pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Model Jigsaw; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ennis, R.H. (1993). Critical Thinking Assesment. Journal Theory Into Practice, Vol. 32(3): pp. 179-186.

Isindana, N.S. (2017). Penerapan model pembelajaran terbimbing untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi larutan penyangga kelas XI SMA Antartika Sidoarjo. Repositori Universitas Negeri Surabaya.

Karim, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Juilama di Sekolah Menengah Pertama. Edumat Jurnal Pendidikan, 3(1), pp: 92-104.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(6): pp 175-179.

Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mukkaram, A., Ali, M., & Apriana, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMAN 12 Banda Aceh. Jurnal Biotik. Vol.4 (1), 8-14.

Priansa. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rohman, D. M., & Nurwiati, S. (2012). Biologi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rojihah., Akhrani, L.A., & Hasanah, N. (2015). Perbedaan Polical Awaraness dilihat dari Peran Gender Pemilih Pemula. Jurnal Mediapsi, 1(1): 59-66.

Sarwono, J., & Salim, H. N. (2017). Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Tabani, A., & Ibnu Badar, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, & Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Tilaar, H., Paat, J. P., & Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.

Wayan, I. L., Dantes, N., & Priansih, N. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis 7 Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD Cipta Dharma Denpasar. e-Journal Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha PGSD, 3(1), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.34289/285232

Article Metrics

Abstract view : 1185 times
PDF - 329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks CopernicusIndeks DimensionsIndeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchNeliti  researchbibPKP INDEXING