Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal GEOSEE (Geography Science Education Explored) untuk menjadi sarana yang efisien untuk menerbitkan dan mendistribusikan informasi berkualitas tinggi dari para akademisi baik berupa hasil penelitian, kajian literatur, atau ide/gagasan ilmiah. Lingkup utama GEOSEE (Geography Science Education Explored Journal) sebagai berikut:

  1. Pendidikan dan Pembelajaran Geografi
  2. Geografi Fisik
  3. Geografi Sosial
  4. Geografi Regional
  5. Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh (PJ)
  6. Ilmu Lingkungan dan Pendidikan Hidup

 

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal GEOSEE (Geography Science Education Explored) mengadopsi proses tinjauan double blind yang dipantau secara ketat oleh para editor. Editor melakukan peninjauan reviewer untuk menilai kualitas dan jenis sebelum mengirimkannya ke proses peninjauan. Naskah yang tidak memenuhi standar ilmiah tidak akan dipertimbangkan untuk proses peninjauan. Penulis diharapkan untuk memperhatikan ketentuan dan juga menunjukkan kategori di mana mereka menerbitkan jika itu bukan artikel penelitian. Editor juga akan memeriksa keterbacaan, penggunaan tata bahasa dan dapat meminta pengiriman ulang jika naskah dinilai buruk dalam parameter ini.

Editor meminta reviewer untuk memberikan masukan ilmiah serta kemungkinan banding naskah ini bagi pembaca. Editor akan menghubungi reviewer setelah formulir dikirimkan kepada mereka, dengan pengingat berkala tanggal jatuh tempo. Setelah semua ulasan tersedia, Editor yang menangani naskah kemungkinan besar akan membuat keputusan dalam satu atau dua hari. Editor kemudian akan menghubungi penulis terkait dengan keputusan tersebut.

Penulis dapat memberikan komentar kepada editor tentang masukan dari reviewer. Namun, komentar ofensif terhadap reviewer akan dikenakan pembatalan publikasi. Penilaian editorial juga dilakukan setelah proses review selesai sebelum akhirnya merekomendasikan naskah untuk terbit. Semua upaya dilakukan untuk menyelesaikan seluruh proses dalam waktu tiga bulan sejak pengiriman dengan keputusan pertama rata-rata dilakukan dalam 30 hari untuk menginformasikan status artikel mereka.

Seluruh proses peninjauan artikel yang diserahkan ke GEOSEE dilakukan secara online dan digital. Penulis harus menggunakan sistem pengiriman online untuk mengirimkan naskah mereka. Hanya jika mereka tidak dapat melakukannya mereka harus menghubungi editor melalui email. 

 

Publication Frequency

Jurnal Geosee diterbitkan secara periodik dua kali dalam setiap volume yaitu bulan ......dan...... .

 

Open Access Policy

Semua artikel yang diterbitkan oleh GEOSEE dapat diakses secara terbuka dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik dan mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Itu berarti 1) Setiap pembaca memiliki akses gratis dan tidak terbatas ke teks lengkap dari semua artikel yang diterbitkan dalam GEOSEE, dan 2) Setiap pembaca bebas untuk menggunakan kembali artikel yang diterbitkan jika kutipan yang tepat dari publikasi asli diberikan.

Penulis dan pemegang hak cipta memberikan kepada semua pengguna hak akses gratis, tidak dapat dibatalkan, di seluruh dunia dan lisensi untuk menyalin, menggunakan, mendistribusikan, mengirim dan menampilkan karya secara publik dan untuk membuat dan mendistribusikan karya turunan, dalam media digital apa pun untuk tujuan yang bertanggung jawab, tunduk pada atribusi kepenulisan yang tepat sesuai dengan kaidah sitasi ilmiah, serta hak untuk membuat sejumlah kecil salinan cetak untuk penggunaan pribadi mereka.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Plagiarism Check

Setiap naskah yang masuk ke redaksi Jurnal Geosee akan diproses cek plagiarism menggunakan Turnitin.

 

Publication Ethics

Jurnal GEOSEE (Geography Science Education Explored) adalah jurnal peer-review double blind. Semua pihak yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel untuk jurnal ini, yaitu para editor, penulis, peer-reviewer dan penerbit harus mengikuti perilaku etis yang ditunjukkan dalam Jurnal. Untuk menjamin publikasi ilmiah berkualitas tinggi, kepercayaan publik  dan apresiasi atas ide dari tulisan yang berada pada jurnal, maka standar etika publikasi harus dipatuhi.

TUGAS EDITOR

  1. Keputusan Publikasi. Berdasarkan double blind peer review naskah, tim jurnal bertanggung jawab untuk memutuskan mana dari artikel yang diterima untuk publikasi. Baik tim redaksi dan maupun editor tidak memiliki kewenangan untuk mempengaruhi reviewer yang melakukan review terhadap artikel yang diajukan. Tim jurnal tunduk pada persyaratan hukum seperti mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.
  2. Kejujuran. Naskah yang diserahkan ke GEOSEE (Geography Science Education Explored Journal) akan secara eksklusif dievaluasi berdasarkan kualitas intelektual dan signifikansinya. GEOSEE (Geography Science Education Explored Journal) tidak akan mempertimbangkan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan atau filosofi politik penulis (independen).
  3. Kerahasiaan: Pemimpin Redaksi, Editor Associate, dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang sesuai, reviewer, calon reviewer, penasihat editorial dan penerbit.

TUGAS REVIEWER

  1. Kontribusi Double Blind Peer Review. Setiap informasi dari penulis akan dihapus dari naskah yang dikirimkan ke reviewer, sehingga reviewer tidak mengetahui informasi tentang penulis dan sebaliknya. Komentar reviewer kepada editor bersifat rahasia sebelum diteruskan ke penulis. Ulasan Double Blind Peer membantu reviewer dalam membuat keputusan publikasi naskah, sementara komunikasi editor dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas naskah. Nama-nama reviewer hanya diketahui oleh Pemimpin Redaksi dan Editor Rekanan dan tetap rahasia bagi penulis.
  2. Ketepatan waktu. Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau ulang naskah yang ditugaskan dengan tepat waktu atau tidak dapat memberikan review yang cepat harus segera memberi tahu Pemimpin Redaksi dan Tim Editor dan minta undur diri dari proses review.
  3. Kerahasiaan. Informasi atau ide pribadi yang diperoleh melalui proses review oleh reviewer maupun tim jurnal harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Tanpa otorisasi oleh Pemimpin Redaksi dan Tim Editor, informasi naskah tidak boleh ditunjukkan kepada atau didiskusikan dengan orang lain.
  4. Standar Objektivitas. Tidak akan ada kritik pribadi kepada penulis. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dengan argumen pendukung dan peninjauan harus dilakukan secara objektif berdasarkan dasar ilmiah dari konten naskah.
  5. Pengakuan Sumber referensi. Penulis harus mengutip referensi yang relevan dan kutipan yang sesuai jika ada pernyataan dalam naskah yang telah diterbitkan sebelumnya dalam publikasi lain dengan kaidah pengutipan yang sesuai. Reviewer harus mengidentifikasi karya yang dikutip oleh penulis. Jika reviewer menemukan kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang dikirimkan dan karya-karya lain yang diterbitkan, ia harus memberi tahu editor.
  6. Benturan Kepentingan. Jika reviewer mengetahui bahwa naskah yang dikirim memiliki konflik kepentingan seperti persaingan, kolaborasi, hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun, reviewer tidak diperkenankan melakukan review pada naskah tersebut.

TUGAS PENULIS

  1. Standar Pelaporan. Penulis naskah penelitian harus menyajikan laporan yang akurat dan diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat yang berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mensitasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.
  2. Akses dan Retensi Data. Penulis dapat diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan tulisan untuk tinjauan editor, dan harus siap untuk menyediakan akses publik ke hal tersebut, jika dapat dilakukan, dan dalam hal apa pun, harus siap untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.
  3. Orisinalitas dan Plagiarisme. Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan atau kata-kata orang lain dikutip dengan tepat. Semua naskah yang diterbitkan oleh GEOSEE berkomitmen untuk hanya mempublikasikan materi asli, yaitu materi yang belum dipublikasikan di tempat lain, juga tidak sedang ditinjau di tempat lain. Kertas yang ditemukan telah dijiplak dari sebuah naskah oleh penulis lain, baik yang diterbitkan atau tidak, akan dikenakan sanksi plagiarisme.
  4. Pengakuan Sumber. Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh.
  5. Manipulasi Kutipan: Tujuan kutipan dalam naskah adalah untuk memperkaya khasanah penulisan itu sendiri, tujuan lain dalam pengutipan seperti untuk meningkatkan kutipan naskah suatu karya tulis atau indeks sitasi jurnal lain dalam hal ini tidak dapat diterima. 
  6. Pemalsuan dan Fabrikasi. Naskah yang secara numerik atau eksperimental ditemukan sebagai suatu rekayasa atau pemalsuan termasuk didalamnya pemalsuan data atau gambar akan dikenakan sanksi pemalsuan.
  7. Kepenulisan. Penulis harus dibatasi untuk mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.\
  8. Konribusi Ilmiah. Semua penulis yang terdaftar harus telah memberikan kontribusi ilmiah yang signifikan untuk penelitian dalam naskah dan menyetujui semua klaimnya. Penting untuk membuat daftar semua orang yang memberikan kontribusi ilmiah yang signifikan, termasuk asisten mahasiswa dan teknisi laboratorium.
  9. Corresponding Author. Adalah penulis yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan tim jurnal untuk publikasi. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas, dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final dari naskah untuk dilakukan publikasi
  10. Pengakuan Sumber Pendanaan: Sumber pendanaan untuk penelitian yang dilaporkan dalam naskah harus diakui setelah kesimpulan dan sebelum daftar referensi (acknowlledge).
  11. Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan. Adalah tanggung jawab penulis untuk segera memberi tahu Pemimpin Redaksi / Wakil Rekan jika dia menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkannya sendiri untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.

SANKSI

Jika ada pelanggaran sanksi berikut akan diterapkan dalam GEOSEE:

  1. Penolakan segera terhadap naskah yang dilanggar.
  2. Penolakan segera atas setiap manuskrip lainnya yang diserahkan ke GEOSEE oleh salah satu penulis manuskrip yang melanggar.
  3. Larangan terhadap semua penulis untuk setiap pengiriman baru ke GEOSEE, baik secara individu atau dalam kombinasi dengan penulis lain dari naskah yang melanggar, serta dalam kombinasi dengan penulis lain. Larangan ini akan dikenakan untuk minimum lima tahun.
Larangan terhadap tim editor melayani kembali pengiiman naskah dari penulis bersangkutan.

 

Author Fees

Jurnal ini tidak membebankan biaya kepada penulis dalam hal :

Pengiriman Artikel: 0,00 (IDR)

Penulis diharuskan membayar Biaya Pengiriman Artikel sebagai bagian dari proses pengiriman untuk berkontribusi dalam meninjau biaya.

Beban biaya diberikan kepada penulis jika ingin mendapatkan artikel dalam bentuk Hard Copy. Adapun Biaya untuk pencetakan artikel : 300,000.00 (IDR)

 

Subscriber

Untuk berlangganan versi cetak dari Jurnal GeoSEE (Geography Science Explore Education), silakan hubungi kami.

Editorial Office Print Order Section:

Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Jl. Siliwangi No 24 Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, 46115

Email:

Contact:

Cahya Darmawan

Phone: +62 821-2752-3723

Email:  cahyadarmawan81@gmail.com

 

Online Submissions

Untuk melakukan submission online pada jurnal GEOSEE, dapat memperhatikan beberapa sebagai berikut:

  1. Lakukan registrasi dan pembuatan akun terlebih dahulu pada link berikut ...
  2. Jika sudah memiliki akun dan teregistrasi dalam link maka lakukan login pada link berikut ...
  3. Ikuti setiap langkah didalam akun submission online
Siapkan berkas naskah dan berkas penunjang lain untuk secara online dilakukan upload