ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH DI BANK BJB SYARIAH KCP SUMEDANG

Indri Dwi Mutiara, Trisna Wijaya, Asep Saepulloh

Abstract


Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Sumedang menawarkan berbagai produk yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti produk pembiayaan, produk pendanaan, dan produk jasa. Salah satu produk pembiayaan yang ada di bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Sumedang ialah Mitra Emas iB Maslahah adalah produk qardh beragun emas dimana bank memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah dengan agunan berupa emas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja risiko yang dialami pembiayaan produk gadai emas dan bagaimana proses pengelolaan risiko yang dilakukan Bank BJB Syariah KCP Sumedang dalam produk pembiayaan gadai emas syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan uji kredibitas data trianggulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan : Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Jadi berdasarkan analisis risiko pembiayaan gadai emas Syariah di Bank BJB KCP Sumedang risiko yang paling tinggi ialah Risiko Pasar, Risiko Operational, dan Risiko Srategik. Sedangkan risiko kepatuhan, risiko hukum, risiko kredit, risiko reputasi dan risiko likuiditas mempunyai risiko yang rendah. Penerapan manajemen risiko Bank BJB Syariah KCP Sumedang secara keseluruhan berjalan efektif tetapi masih harus diperbaiki untuk menanggulangi risiko yang melekat pada pembiayaan gadai emas.


Keywords


risiko gadai emas, manajemen risiko

Full Text:

PDF

References


Rahmani Timorita Yulianti. Manajemen Risiko Perbankan Syari’ah. Jurnal Ekonomi Islam. Vol III No 2, 2009, Hlm 157-158

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung. Hlm : 59 Ahmad Roni. Asuransi dan pegadaian syariah. Jakarta. Mitra Wacana Media. 2015. Hlm 1

Mardani. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. Jakarta, Prenadamedia Group. 2015. Hlm 172




DOI: https://doi.org/10.37058/jes.v6i1.2840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal index by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Â