“Permasalahan Penggunaan Gadget Pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19

Hafid Abdul Tamsil

Abstract


Gadget saat ini tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat untuk menjalani kesehariannya. Penggunaan gadget bahkan juga sudah mulai mempengaruhi anak-anak. Padahal, sebagian orangtua mungkin sudah menyadari tentang dampak maupun bahaya gadget bagi anak. Beragam dampak keranjingan gadget, nyatanya berpengaruh langsung pada mental dan perkembangan anak, hingga anak beranjak dewasa.                 

Untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak, terutama selama pandemi  covid-19 ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua, yakni:                   

1)  Seimbangkan dengan Aktivitas Lain                                                            2)  Pilih Program Pendidikan yang Bermutu                                                        3)  Usahakan Orang Tua Ikut Menonton                                                            4)   Gunakan Gadget untuk Terhubung dengan Saudara dan Teman                    5) Seimbangkan dengan Aktivitas Lain

Orang tua harus benar-benar ekstra sabar dan telaten dalam menerapkan hal ini dan juga dengan contoh teladan yang baik dari orang tua. Segala sesuatu yang baik haruslah bermula dari orang tua. Pandemi covid-19 ini juga tidak hanya berpengaruh terhadap anakanak, tetapi juga orang tua.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1570 times
PDF - 878 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGaruda BASE   researchbib

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944 
 

View My Stats