PERTUMBUHAN SENGON (Albizzia falcataria L.) PADA MEDIA TANAM CAMPURAN TAILING, TANAH, DAN BAHAN ORGANIK

Yaya Sunarya, Fahd Latif Arasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan sengon (Albizzia falcataria L.) yang ditanam pada media tanam campuran tailing, tanah, dan bahan organik. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 (empat) perlakuan yaitu campuran tailing dan tanah; campuran tailing, tanah, dan pupuk kandang ayam, campuran tailing, tanah, dan pupuk kandang domba; dan campuran tailing, tanah, dan arang sekam; dan enam ulangan. Data penelitian dianalisis dengan analisis varian dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan bibit sengon yang paling baik ditunjukkan pada campuran tailing, tanah dan arang sekam.

Keywords


Bahan organik, sengon, tanah, dan tailing

Full Text:

PDF

References


Ambardini, S. 2014. Biomassa Bibit Tanaman Jambu Mete (Anacardium occidentale L.) yang Ditanam Pada Tanah Pascatambang Emas Bombana Dengan Variasi Pupuk Kandang.Jurnal Biologi Volume 7 No. 2. 2014.

Assamsi, K. 2016. Respon Pertumbuhan Semai Akasia (Acacia mangium Willd) Terhadap Pemberian Arang Sekam dan Kompos Pada Media Tailing. (Skripsi).Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor.

Aurum, M. 2005. Pengaruh Jenis Media Tanam dan Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Setek Sambang Colok (Aerva sanguinolenta Blume.)(Skripsi).Agronomi. Fakultas Pertanian.Institut Pertanian Bogor.

Ciptaningtyas, D dan H. Suhardiyanto. 2016. Sifat Thermo-Fisik Arang Sekam (Thermo-physical of Rice Husk Char). Jurnal Teknotan.Vol. 10 No. 2.

Dharmawan, I. W. S dan C. A. Siregar.2014. Rehabilitasi Lahan di Areal Penambangan Emas Menggunakan Jenis Lokal dan Pemanfaatan Tailing.Indonesian Forest Rehabilitation.Journal Vol. 2 No. 1: 55-66.

Fatimah, S dan B. M. Handarto. 2008. Pengaruh Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhandan Hasil Tanaman Sambiloto (Andrographis paniculata, Nees).Jurnal Embryo Vol 5.No.4.

Fiona, F. 2010.Pemanfaatan Arang Sekam Untuk Memperbaiki Pertumbuhan Semai Jabon (Anthocephalus cadamba (roxb) Miq). Pada Media Subsoil. (Skripsi). Fakultas Kehutanan.Institut Pertanian Bogor.

Komarayati, S., G. Pari dan Gusmailina.2003. Pengembangan Penggunaan Arang untuk Rehabilitasi Lahan.Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Vol 4:1.

Lesmanawati, I. R. 2012. Respon Pertumbuhan Tanaman Gmelina Arborea Roxb dan Paraserianthes Falcataria L. Nielsen dengan Pengunaan Thiobacillus Thioparus dan Kompos Dalam Upaya Biodegradasi Sianida yang Terkandung dalam Tailing Emas. Jurnal Scientiae Educatie. Vol. 1.No. 1.

Poppy, T.I. 2007.Penyerapan 134Cs dari Tanah oleh Tanaman Bunga Matahari (Helianthus anuus, Less).Jurnal Pusat Teknologi Nuklir Bahan dan Radiometri, BATAN. Bandung.

Rahayu, B. T., B. H. Simanjutak dan Suprihati. 214. Pemberian Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Wortel (Daucus carota) dan Bawang Daun (Allium fistulosum L.) dengan Budidaya Tumpang Sari. Jurnal Agric. Vol 26 no 1 dan 2 : 52-60.

Wasis, B dan N. Fathia. 2011. Pengaruh Pupuk NPK Terhadap Semai Gamelina (Gmelina arborea Roxb.)Pada Media Tanah Bekas Tambang Emas (Tailing).Jurnal Silvikultur Tropika Vol. 2 No. 1: 14-18.

Wibowo, A. Y. 2011. Pengaruh Abu Terbang dan Bahan HumatTerhadap Pertumbuhan Tanaman Sengon (Paraserienthes falcataria) dan Sifat-Sifat Kimia Tanah di Lahan Bekas Tambang Batubara. (skripsi). Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.37058/mp.v4i1.1224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lihat Statistik Media Pertanian View MyStat

ISSN 2745-8946

Media Pertanian Office:
Agrotechnology Departement, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi

Phone: 089683432611 / 081222156611
Email: jmedpertanian@unsil.ac.id