PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DRONE MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH (Studi di Kelas XII SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya)

Een Rochaeni

Abstract


Mata pelajaran geografi memerlukan tingkat kreativitas dan aktivitas siswa, yang tinggi baik kegiatan di dalam ruangan (kelas, laboratorium, perpustakaan) maupun lewat pengalaman langsung dilapangan. Seharusnya sekolah memanfaatkan lingkungan lokal sebagai sumber belajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian secara eksperimen. Sampel responden dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 2 kelas yaitu kelas XII IPS 2 dan kelas XII IPS 2.  Pembelajaran dengan menggunakan media drone pada materi penginderaan jauh ini membantu pemahaman siswa terhadap materi penginderaan jauh khususnya pada citra foto udara. Penggunaan metode demonstrasi di SMAN 9 Kota Tasikmalaya dapat membuat  perhatian siswa lebih mudah dipusatkan pada proses pembelajaran dan tidak tertuju pada hal-hal yang lain dan siswa juga dapat menguruangi kesalahan dalam mengambil kesimpulan di kelas  yang hanya belajar dari membaca buku saja dan pemberian materi di kelas dari guru

Keywords


Media Pembelajaran, Drone, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran:Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Papilaya, Alex. 2015. Drone Foto dan Videograf. Jakarta : PT Grasindo.

Suharyono, 2014. Geografi Lingkungan Hidup Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Sukmadinata, Nana.Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i2.1211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: