Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan yang mengkaji kurikulum, materi, metode, media dan evaluasi pendidikan dan pembelajaran.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal metaedukasi menetapkan setiap artikel melalui tahapan:

  1. Setiap artikelyang masuk melalui cek kelayakan mencakup kesesuai focus scope dan cek plagiarisme dengan menggunakan Turnitin. 
  2. Setiap artikel proses review dengan menggunakan pola double blind peer review, dimana setiap artikel direview oleh 2 orang yang memiliki kesesuaian dengan topik artikel.
  3. Dalam proses review mitra bestari memberikan pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah, simpulan dan referensi yang digunakan.

 

Publication Frequency

Jurnal Metaedukasi Terbit dua kali dalam setahun pada Bulan Juni dan Bulan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Etika Publikasi

Jurnal Metaedukasi berkomitmen untuk menjunjung tinggi etika publikasi dan mengambil semua tindakan yang mungkin dilakukan terhadap setiap malpraktek publikasi. Dewan Redaksi bertanggung jawab, antara lain, mencegah malpraktek publikasi. Jurnal Metaedukasi tidak dapat menerima perilaku tidak etis, dan tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apapun. Penulis yang mengirimkan artikel harus menegaskan bahwa isi naskah adalah asli. Lebih lanjut, penulis juga menyiratkan bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya dalam bahasa apa pun, baik seluruhnya atau sebagian, dan saat ini tidak dikirimkan untuk publikasi di tempat lain. Editor, penulis, dan pengulas, harus berkomitmen penuh untuk praktik publikasi yang baik dan menerima tanggung jawab untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagaimana ditetapkan oleh Kode Etik COPE http://publicationethics.org/resources/guidelines).

Tanggungjawab Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview
  2. Review  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

 Tanggungjawab Penerbit (Publisher)

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai penerbit jurnal Metaedukasi bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai penerbit jurnal Metaedukasi  bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai penerbit jurnal Metaedukasi bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

     

 

Screening Plagiarism

Setiap artikel yang masuk di Jurnal Metaedukasi harus memenuhi standard cek plagiarisme dengan menggunakan perangkat Turnitin. Artikel yang memiliki hasil cek plagiarisme lebih dari 30% tidak akan diproses ke tahap review.

 

Manajemen Referensi

Jurnal  Metaedukasi  dalam penulisan sitasi dan Daftar Pustaka menggunakan Software Manajemen Referensi Mendeley.