Meta Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pada Materi Biologi SMA

Novia Afriliska, Zulyusri Zulyusri

Abstract


Miskonsepsi adalah kesalahan pada konsep materi yang tidak relevan dengan konsep ilmiah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui berapa persentase miskonsepsi yang terdapat pada buku teks Biologi SMA yng digunakan sebagai pedoman pembelajaran disekolah. Identifikasi miskonsepsi dikategorikan menjadi 5 yaitu undergeneralization, obsolete concept and terms, oversimplification, overgeneralization, misidentification. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dengan melakukan review  terhadap artikel sumber. Kategori tingkat persentase miskonsepsi dibedakan menjadi 3 yaitu tingkat miskonsepsi rendah (0,00-0,30%), tingkat miskonsepsi sedang (0,31-0,60%), dan tingkat miskonsepsi tinggi (0,61-100%). Hasil dari penelitian ini adalah semua buku Biologi SMA yang diteliti oleh peneliti artikel sumber memiliki persentase miskonsepsi yang berbeda-beda.


Keywords


Buku Teks; Konsep; Miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Agustina, R, Sipahutar, H dan Harahap, F. 2016. Analisis Miskonsepsi pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (2), 113-118.

Azulianingsih, V. (2018). Analisis Miskonsepsi Materi Archaebacteria dan Eubacteria dalam Buku Teks Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Banyumas. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 7 (6), 35-40.

Chairunnisa, Syahida. 2018. Analisis Miskonsepsi Sistem Pernapasan Pada Buku Teks Biologi Sma Kelas Xi Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 7 (4), 294-300.

Dwijayanti, A, Umniyaite, S dan Rakhmawati, A. 2016. Analisis Miskonsepsi Archaebacteria dan Eubacteria dalam Buku Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (8), 32-42.

Handoko, R dan Sipatuhar, H. 2016. Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan. 4 (1), 39-47.

Hershey, D.R. 2005. More Misconceptions to Avoid When Teaching about Plants. Diakses dari http://www.actionbioscience.org/education/ hershey.html diakses pada tanggal 16 februari 2020 pukul 21.52 WIB.

Khairaty, N.I., Taiyeh, A.M., dan Hartati. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Peredarah Darah dengan Menggunakan Three-Tier In Class X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan. 6 (1), 7-13.

Mutlu, Mehmet. 2013. Effect of Using Roundhouse Diagrams On Preservice Teachers’ Understanding of Ecosystem. Journal of Baltic Science Education. 12 (2), 205-218.

Novtianti, N. R 2020. Analisis Miskonsepsi Pada Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 Kelas XI SMA pada Konsep Sel. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nughroho, F.A. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (5), 13-22.

Rahmawati, G. 2015. Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Peserta didik di Perpustakaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung. Jurnal EduLib. 5 (3): 105-112.

Ramadhan, N.A. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Manusia dalam Buku Teks Biologi SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (6): 37-45.

Respatiningrum, Nirmala., Yohanes, R, Edy, W. 2015. “Analisis Miskonsepsi Materi Fluida pada Buku Ajar Fisika SMA.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 6 (1), 311-318.

Supriadi, D. 2001. Anatomi Buku Sekolah Di Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara.

Sihombing, R.I., Abdul, H.D., Dian, K.S., Hotmaria, S. 2017. Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi Sma Kelas X Materi Eubacteria Di Kota Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan. 5 (2), 44-48.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.

Utami,T. 2013. ”Analisis Miskonsepsi Sistem Pernafasan Dalam Buku Ajar Biologi SMA di Kotamadya Yogyakarta”.Jurnal Pendidikan Sains. 2 (3), 47-54.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i1.3069

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 novia afriliska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: metaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: