Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Suginem Suginem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  aktiftas dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui proses pelaksanaan pembalajaran dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII E SMP Negeri 20 Tasikmalaya  melalui pembelajaran model Problem Based Learning  (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan dari mulai persiapan rapat sampai dengan pembuatan laporan Hasil Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMPN 20 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian difokuskan pada aktifitas  dan hasil  belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap proses pembelajaran yaitu  siklus I keaktifan siswa mencapai 67,66 % kategori aktif sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi aktif   82,81 % kategori sangat aktif Sedangkan  nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 78 dengan ketuntasan belajar  68,75 % Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 83,03 dengan ketuntasan belajar 93,75 %. sedangkan aktifitas kinerja guru pada siklus I mencapai 66,35 % dengan kategori cukup baik dan pada siklus II mencapai 92,79 % dengan kategori sangat baik ,hal ini menunjukkan bahwa aktifitas kinerja guru ada peningkatan

Keywords


Model pembelajaran; Problem Based Learning; Pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Laos Aleksander.2015.Prestasi Belajar Siswa. Bandung: Kresna Bina Insan Prima.

Anni. 2008. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri semarang Press.

Hamzah. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Martinis Yamin.2010 Kiat Membelajar Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.

Ngalim Purwanto. 2004. Paradigm Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2007. Dasar-Dasar Pengembagan Kurikulum, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offet.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Sri Harmianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Bandung; Alfabet.

Sudjana.2005. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sumadi Suryabrata.2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wasty Soemanto.2112. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta : PT Rineka Cipta.

Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas ,Jakarta: Bumi Aksara,

Wijaya Kusumah.2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta Barat: PT Indeks

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru,Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i1.3149

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suginem Suginem

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: metaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: