MODEL PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS UNTUK MENGEMBANGKAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMA

Rd. Herdi Hartadji

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model-model permainan Aktivitas Luar kelas (ALK) yang layak digunakan sebagai materi pembelajaran penjas, serta efektif untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMA. Metode penelitian menggunakan research and develop-ment (R & D). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa putra dan putri kelas X dan XI dari SMA N I Kota Tasikmalaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi permainan, (4) pedoman observasi keefektifan permainan, (5) pedoman observasi terhadap guru pelaku uji coba, dan (6) rubrik penilaian siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa tujuh model permainan yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran penjas, hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase secara signifikan, dari data hasil kuesioner skala nilai, observasi model permainan, observasi keefektifan permainan, dan observasi guru pelaku uji coba. Model permainan juga efektif untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, yang dibuktikan dengan terjadinya peningkatan persentase nilai rata-rata siswa. Penelitian ini dianjurkan supaya pemanfaatan berdasarkan penelitian pengembangan ini yaitu agar model permainan yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai salah satu bentuk pembelajaran pendidikan jasmani yang terintegrasi yang mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui aktivitas permainan di alam terbuka.

Kata kunci :  afektif, aktivitas, kognitif, model, permainan, psikomotorik

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ancok, Jamaludin. (2002). Outbound manage- ment training. Cetakan pertama edisi revisi. Kota Tasikmalaya: UII. Press.

Ancok, Jamaludin. (2006). Outbound manage- ment training. Kota Tasikmalaya: UII Press.

Arnold, M. E. (2002). Personal and life skill development through participation in the outbound program. Caring 5 (4.20):

81.

Arovah, Novita Intan. (2010). Pelatihan outbond bagi guru penjaskes SMA se- Kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya: FIK. UNY.

Asti, Badiatul Muchlisin. (2009). Fun out- bound-merancang kegiatan outbound yang efektif. Kota Tasikmalaya: Diva Press.

Borg, Walter R., & Gall, Meredith D. (1983). Educational research: An introduction, (4thed.) New York: Longman.

Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta:Depdiknas.

Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran bidang pengembangan kognitif TK. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. (2008). Psikologi perkembangan. Bandung: Rosda.

Goleman, D. (2000). Emotional intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. (2006). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi ke-4), alih bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Kimpraswil. (2007). Outbound. http://www.kimpraswil.go.id/.Diakses: 01 Januari 2014.

Komarudin, Arief. (2007). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. http://pojokpenjas.blogspot.com/2007/1 2/babI-pendahuluan-rasional.htm.

Diakses: 01 November 2013

Megawangi, R. (2007). Jangan remehkan pengasuhan otak anak. http://www.pendidikankarakter.edu. Diakses: November 2013.

Mustamir, Pedak. (2009). Saatnya bersekolah. Yogjakarta: Buku Biru.

Mutohir, Toho Cholik. (2002). Gagasan- gagasan tentang pendidikan jasmani dan olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Nasution. (2012). Kurikulum & pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari & Hadari, Martini. (2006). Instrumen penelitian bidang sosial. Kota Tasikmalaya: Gadjah Mada University Press.

Nurhasan. (2001). Tes dan pengukuran dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Rocmah, Luluk Iffatur. (2012). Model pembelajaran outbond untuk anak usia dini. Jurnal Pedagogia. UMS Vol. 1, No. 2, 173-188.

Ramli. (2005). Pendampingan perkembangan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan research and development. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2008). Membangun sekolah efektif. Kota Tasikmalaya: Hikayat.

Supendi, Pepen & Nurhidayat. (2007). 50 Permainan menyenangkan di indoor & outdoor. Jakarta: Penebar Swadaya.

Suyatno. (2006). Metode pembelajaran outbound. Mojokerto: FIK. UNESA.

Putri, Vincencia Septaviani Issera Sulistya. (2006). Mendidik generasi muda dengan pendidikan lingkungan. http:/rafflesia.wwf.or.id/library/clips/cli ps_detil.php?id_clips=2. Diakses: 01 November 2013.

Weinberg, R. S. & Gould, D. (2003). Foundations of sport and exercise psychology, (3thed.). Champaign, IL: Human Kinetics.

Wong, D. L. (2008). Buku ajar keperawatan pediatrik. Jakarta EGC




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref