Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Bagi penulis silahkan melakukan submit artikelnya setelah login dan jangan lupa unuk menyesuaikan artikelnya dengan template yang sudah tersedia pada bilah navigasi.

Berikut pedoman penulisan artikel yang akan di submit ke jurnal ini

JUDUL  PAPER DITULIS MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL, DITEBALKAN (BOLD), JENIS HURUF TIMES NEW ROMAN UKURAN 12 PT

Nama1), Nama2), dan Nama3)

Nama (apabila hanya satu penulis)

1Instansi  

2Instansi

3Instansi

e-mail: alamat@domain.com1, alamat@domain.com2, alamat@domain.com3

 

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jarak antar baris 1(satu) spasi; ditulis dalam satu paragraf (200-250) kata yang mencangkup konsep yang dikaji, problem yang terkait dan solusi alternatif (untuk ide-ide konseptual) atau masalah, metode dan hasil (untuk hasil penelitian). Abstrak ditulis dengan ukuan huruf 11 dan jenis huruf Times New Roman. Judul paper harus ditulis dengan huruf kapital semua. Hindari penulisan rumus yang panjang, pada judul dengan subscript; penulisan rumus pendek yang mengidentifikasi elmen-elemen adalah diperbolehkan (Contoh: “Nd-Fe-B”) Jangan menulis “(Invited/diundang)” pada judul. Diperbolehkan menuliskan nama lengkap author pada bagian field author, akan tetapi tidak harus. Gunakan spasi diantara author. Jangan mensitasi referensi di dalam abastrak.

Kata Kunci : Kata kunci disusun secara alfabetis, minimal 3 kata, maksimum 6 kata, gunakan layout atau tata letak paragraf after 12 pt.

Abstract

Abstract written in Indonesian and English with a line spacing of 1 (one) space; written in a single paragraph (200-250) says that covers concepts that were examined, problems associated and alternative solutions (for conceptual ideas) or problems, methods and results (for research). Paper titles should be written in uppercase. Avoid writing long formulas with subscripts in the title; short formulas that identify the elements are fine (e.g., "Nd–Fe–B"). Do not write “(Invited)” in the title. Full names of authors are preferred in the author field, but are not required. Put a space between authors’ initials. Do not cite references in the abstract.                              

Keywords: Keywords arranged alphabetically, at least 3 words, maximum 6 words, use a layout  after paragraph 12 Pt.

I.     Pendahuluan

          Pendahuluan Merupakan analisis situasi mengenai masalah yang dikaji, yang ditunjang dengan referensi yang relevan dan menjastifikasi mengapa masalah perlu ditelaah dan untuk apa. Dokumen ini merupakan template Microsoft Word versi 6.0 atau yang lebih tinggi. Template paper ini dapat diunduh di laman LP2M-PMP: www.lppm.unsil.ac.id atau di laman open journal system Universitas Siliwangi: www.ejournal.unsil.ac.id. Untuk penulisan paragraf pada pendahuluan, menggunakan format sebagai berikut: ukuran besaran huruf atau font size adalah 11, dengan jenis font adalah Time New Roman. Spasi yang digunakan adalah 1 (satu) spasi.

Bahasa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah atau paper, sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia dengan ejaan yang sempurna atau disempurnakan (EYD). Bagi istilah-istilah asing atau bahsa asing yang padanan katanya terdapat dalam bahasa indonesia dan sudah bersifat baku, prioritas utama dalam penggunaan kata tersebut adalah dalam Bahasa Indonesia, kecuali bagi istilah asing yang padanan katanya belum ada dan atau belum ada serapan bakunya, maka diperbolehkan menggunakan istilah asing dengan memperhatikan aturan penulisan yang berlaku, sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah. Contoh: untuk istilah download dan upload, padanan katanya sudah terdapat dalam Bahasa Indonesia, yaitu: unduh dan unggah.

II.     Bahan dan Metode/metodologi

Penjelesan singkat mengenai dimana lokasi penelitian,kapan penelitian dilaksanakan, bahan atau intrumen apa yang digunakan dan metode apa yang digunakan untuk melakukan penelitian atau memecahkan masalah.

III.     Hasil dan Pembahasan

Pemaparan hasil secara runut dan komprehensif yang mengarah pada pemecahan masalah yang dikaji/teliti.

Akronim dan Singkatan

Akronim dan singkatan harus didefinisikan pada saat pertama kali digunakan dalam teks penulisan paper atau karya ilmiah ini, meskipun telah didefinisikan di abstrak. Jangan menggunakan singkatan pada judul, kecuali benar-benar tidak dapat dihindari.

Matematika

Apabila penulisan menggunakan MS Word, dan memerlukan penulisan rumus-rumus matematika, maka sebaiknya menggunakan Editor Microsoft Equation atau program Add-on MathType  (www.mathtype.com).

          Bagi penggunak MS Word, untuk memanggil Editor Microsoft Equation adalah pilih menu “Insert”, kemudian pilih menu “Equation”.

Gambar atau Grafik

Judul gambar ditempatkan terpisah dari gambar, posisi di bawah gambar dan diberi nomor urut. Judul dimulai dengan huruf kapital, posisi judul adalah ditengah (center)

Gambar 1. Grafik Efisiensi pemupukan nitrogen pada berbagai takaran asam humat

Tabel

Judul tabel ditempatkan terpisah dari teks, posisi di atas tabel dan diberi nomor urut. Judul dimulai dengan huruf kapital, tata letak judul tabel adalah rata kiri

Garis pada tabel tidak perlu lengkap, cukup yang vertikal saja, garis horizontal sifatnya opsional. Ketebalan garis cukup ½ pt saja. .

Tabel 1. Rata-rata hasil gabah kering giling pada berbagai takaran asam humat dan takaran pemupukan nitrogen

Takaran asam humat

(kg ha-1)

Takaran pupuk N

(kg ha-1)

Rata-rata

0

45

67,5

90

 

 

t ha-1

0

1.54

3.01

4.94

5.35

3.71 a

 

3

2.00

3.74

5.53

5.82

4.28 b

 

4

2.33

2.86

4.74

5.48

3.85 b

 

5

2.45

3.55

5.64

5.67

4.33 b

 

Rata-rata

2.08

A

3.29

B

5.22

C

5.58

C

 

 

        

Keterangan: angka-angka yang diikuti huruf kecil yang sama arah vertikal  dan huruf besar arah horizontal tidak berbeda nyata menurut Uji jarak berganda Duncant pada taraf nyata 5 %.

IV.     Kesimpulan dan Saran

          Kesimpulan ditulis singkat,jelas dan sistematik sesuai runtutan paparan dalam Hasil dan Pembahasan dan menjawab masalah yang diteliti/dikaji. Sementara, sasaran diberikan sesuai dengan apa yang menjadi masalah dalam penerapan metode dan hasil yang didapat.

Daftar Pustaka

          Sistematika penulisan daftar pustaka sesuai dengan sistem nasional yang berlaku atau sistem Internasional. Untuk mengelola daftar pustaka atau referensi sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley (https://www.mendeley.com/). Zotero (https://www.zotero.org), dan Apabila menggunakan MS Word dapat memanfaatkan menu Reference.

Contoh:

Brady, N. C. and R. R. Weil. 1996. The Nature and Properties of Soils. Eleventh edition. Prentice Hall, inc. New Jersey. 741 p.

Tisdale, S. L., W. L. Nelson and J. D. Beaton. 1985. Sosil Fertility and Fertilizers. Fourth Edition. Mac Millan Publishing Company, New York. 754 p.

Untuk artikel dalam buku:  Nama penulis/pengarangan. Tahun penerbitan. Judul artkel, nama redaktur/penyunting ditulis lengkap jika kurang dari tiga atau dengan et al., jika lebih dari tiga orang (hanya penulis pertama yang nama marganya ditulis pertama), judul bublikasi atau buku, nama dan tempat penerbitan, halaman.

Contoh:

Peng, S., Senadhira. 1998. Genetic enhancement of riceyield. In: Dawling, N.G., S.M. Gmenfield, and K.S. Fischer (Eds.).  Sustainability of Rice in the Global Food System. Pacific Basin Study Center. IRRI. Manila. 404p.

 

Saraswati,Rasti.,Tini Prihatini, dan Ratih Dewi Hastuti. 2004. Teknologi pupuk mikroba untuk meningkatkan efesiensi pemupukan dan berkelanjutan sistem produksi padi sawah. dalam Fahrudin Agus et al., (Edt). Tanah Sawah dan Teknologi Pengelolaannya.. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Deptan, Bogor. hal 169-190.

Untuk Jurnal: Nama penulis/pengarang. Tahun Judul artkel. Nama jurnal. Edisi/ Volume/Nomor jurnal. Penerbit, tempat penerbit,halaman di mana artikel bersangkutan dicantumkan.

Contoh:

Eagle, A.J., J.A. Bird, W.R. Horwath, B.A. Linguist, S.M. Brouder, J.E. Hill, C. Van Kessel. 2000. Rice yield and nitrogen utilization efficiency under alternative straw management practices. Agron. J. 92 (2):  Pp1096-1103.

Syukur, A. dan E.S. Harsono. 2008.Pengaruh pemberian pupuk kandang dan NPK terhadap beberapa sifat kimia dan sifat fisik tanah dan pertumbuhan caisin di tanah pasir pantai. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian dan Lingkungan 8(2): hal. 138-145 

Prosiding :

Adiningsih, J.S. dan Sri Rocyati. 1988. Peranan bahan organik dalam meningkatkan efesiensi penggunaan pupuk dan produktivitas tanah. Pros. Lokakarya Nasional Penggunaan Pupuk, Cipayung. 16-17 Nopember 1988. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat, Bogor. hal.78-87.

Meelu, O.P., R.A. Morris. 1987. Integrated management of green manure, farm yard manure, and inorganic nitrogen fertilizers in rice and rice based cropping sequences. In: Efficiency of nitrogen fertilizer for rice. Proceeding of the Meeting of the International Network on Soil Fertility and Fertilizer Evaluation for Rice; New South Wales, Australia, 10 – 16 April 1985. International Rice Research Institute. p.185-193.

 

Untuk sumber referensi dari internet: Nama penulis/pengarang. Tahun. Judul. Website, Tanggal pengunduhan artikel dari website.

Contoh :

Sarlan Abdulrachman, Hasil Sembiring  dan Suyamto. 2011. Pemupukan Tanaman Padi Sawah. :http://www. bbpadi.litbang.deptan.go.id/infoaktual/511-pemupukan-tanaman padi. (diakses pada tanggal 09 Maret 2013).

Rai I.N. 2002. Diagnosis Difesiensi dan Toksisitas Hara Mineral pada Tanaman. http://www.rudict.tripod.com/ sem 2012/Inyomanrai.htm. (diakses 10 Maret 2013).

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel yang ditulis harus merupakan hasil penelitian di bidang olahraga pendidikan, olahraga prestasi, olahraga rekreasi.
  2. Artikel harus sesuai dengan author guidelines
  3. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan kutipan atau penggunaan software komputer dan lainnya dalam rangka pembuatan naskah atau asal lain yang terkait dengan Hak Cipta yang dilakukan oleh penulis artikel, dengan konsekuensi hukum yang mungkin bisa saja timbul karenanya, hal tersebut menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam Journal of SPORT hanya akan digunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan digunakan oleh pihak lain dengan tujuan apapun.