Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Bagi penulis silahkan melakukan submit artikelnya setelah login dan jangan lupa unuk menyesuaikan artikelnya dengan template yang sudah tersedia pada bilah navigasi.

Berikut pedoman penulisan artikel yang akan di submit ke jurnal ini

Judul artikel yang mempresentasikan keseluruhan isi artikel (Bahasa Indonesia) [Panjang 15 Kata, Sentence case, 12 pt, Arial]

First Author1, Second Author2, Third Author3, rtc.

1 Program Studi, Universitas

2 Program Studi, Universitas

3 Program Studi, Universitas


Abstrak

Abstrak adalah miniatur artikel sebagai gambaran utama pembaca artikel Anda. Abstrak berisi semua komponen artikel secara ringkas (tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan). Panjang 150 - 200 kata (tidak boleh di luar ketentuan ini), tidak menulis daftar pustaka, dan ditulis dalam satu paragraf. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dilengkapi dengan 3-6 kata kunci. Abstrak Bahasa Indonesia dan kata kunci ditulis tegak.

Kata Kunci: …, …, ….


PENDAHULUAN

Pendahuluan mengarahkan pembaca ke topik utama. Latar belakang atau pendahuluan menjawab mengapa penelitian atau tinjauan dilakukan (urgensi penelitian harus jelas disertai dengan gap atau fenomena), apa yang dilakukan peneliti sebelumnya terkait permasalahan artikel yang diangkat sekarang, disinkronkan dengan artikel ilmiah yang sedang berkembang atau trend saat ini, lengkapi dengan kebaruan penelitian, sertakan tujuan penulisan artikel, dan deskripsikan kontribusi apa yang disampaikan dari temuan penelitian. [Arial 12, Rata Kanan-Kiri, 1,5 spasi]

METODE

Penulisan metode penelitian memuat rancangan penelitian, tempat dan waktu, populasi dan sampel (dilengkapi dengan gambaran sampel penelitian), teknik pengambilan sampel, teknik pengukuran data, dan analisis data. Sebaiknya gunakan kalimat pasif dan naratif, bukan kalimat perintah. [Arial 12, Rata Kanan-Kiri, 1,5 spasi]

Penulisan Rumus

Penulisan rumus. Semua rumus harus dirujuk dalam teks menggunakan nomor urut dalam tanda kurung; lihat rumus (1), misalnya. Rumus yang ditampilkan harus dipusatkan dan disusun dalam baris terpisah dengan ruang ekstra di atas dan di bawah. Mereka harus diberi nomor untuk referensi, dan nomor tersebut harus berurutan, dengan nomor dalam tanda kurung dan ditempatkan di margin kanan.

a + b = c .   (1)

Penulisan rumus harus diberi tanda baca seperti pada teks biasa, dengan tambahan spasi sebelum tanda baca.

HASIL

Dalam menguraikan hasil, sebaiknya hanya menggambarkan hasil penelitian dari data yang diperoleh dalam penelitian atau observasi lapangan dan interpretasi analisis data. Bagian ini diuraikan tanpa memberikan pembahasan dan harus ditulis dalam kalimat yang logis. Hasilnya dapat diterapkan dalam bentuk tabel, teks, atau gambar.

Judul tabel ditulis dalam title case, dengan subtitle di setiap kolom. Sederhana, tidak rumit, menunjukkan keberadaan tabel dalam teks (misalnya, lihat tabel 1), tanpa garis vertikal, dan ditulis di atas tabel.

Tabel. Semua tabel harus dirujuk dalam teks utama dan judul tabel harus berada di atas tabel.

Tabel 1. Semua keterangan tabel harus ditulis di atas tabel

Variable

Study Group

N=80

Group

West Java (N=20)

East Java (N=20)

Central Java (N=20)

Yogyakarta (N=20)

P-Value

Height (cm)

167.94 ± 94

169.70 ± 7.29

166.60 ± 7.73

168.95 ± 95

166.50 ± 9.75

0.432

Weight (kg)

60.59 ± 9.19

61.10 ± 8.35

59.61 ± 8.24

62.30 ± 7.63

59.35 ± 12.24

0.726

FAT (%)

14.82 ± 9.36

13.10 ± 2.55

17.01 ± 17.82

14.60 ± 2.18

14.60 ± 5.27

0.625

(Ukuran huruf tabel mengikuti lebar tabel)

Gambar. Deskripsi gambar ditempatkan di bawah gambar dan ditulis dalam Arial, 12pt.

Gambar 1. Informasi Pengukuran  

Tabel atau gambar yang digunakan secara keseluruhan, sebagian, atau diadaptasi yang diharuskan memiliki izin tertulis dari pemegang hak cipta untuk diperbanyak merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan izin tersebut, dan salinan izin tertulis dari penerbit harus diberikan kepada Editor segera setelah diterima untuk diterbitkan.

PEMBAHASAN

Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Pembahasan bertujuan untuk menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian dicapai dan menginterpretasikan/menganalisis hasilnya. Mulailah dengan menyajikan temuan. Kemudian mengaitkannya dengan teori dan penelitian sebelumnya, apakah temuan tersebut memperkuat atau mengoreksi temuan/teori yang sudah ada. Tekankan aspek baru dan penting. Diskusikan apa yang tertulis di hasil tetapi jangan ulangi hasilnya. Sertakan diskusi tentang dampak penelitian dan keterbatasannya.

KESIMPULAN

Kesimpulan berisi jawaban atas pertanyaan penelitian. Kesimpulan harus membahas tujuan tertentu. Bagian ini ditulis dalam bentuk esai dan tidak mengandung angka-angka hasil penelitian.

UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada)

Penulis dalam hal tertentu (seperti pendanaan penelitian) perlu mengucapkan terima kasih kepada orang/kelompok orang/organisasi/lembaga atas dukungannya sehingga penelitian dapat terlaksana dengan baik.

REFERENSI

Jumlah daftar pustaka/referensi dalam artikel minimal 20 sumber, dimana 80% dari seluruh referensi berasal dari artikel jurnal nasional atau internasional. Referensi menggunakan APA 6th Edition. Gunakan alat referensi (EndNote, Mendeley, or Zotero) untuk menulis referensi.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Dengan mengirimkan artikel/manuskrip artikel, penulis menyetujui kebijakan ini dan penulis tidak diperlukan mengirimkan dokumen khusus.

1. Lisensi

Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)

2. Jaminan Penulis

Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis sendiri, tidak pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang diberikan secara eksklusif pada penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.

3. Hak Pengguna

Tujuan Journal of SPORT adalah menyebarluaskan artikel-artikel yang diterbitkan sebebas mungkin dengan kualitas yang sangat baik. Di bawah lisensi Creative Commons, Journal of SPORT mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan mengerjakan karya tersebut. Pengguna juga perlu mengatribusikan penulis dan Journal of SPORT dalam mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.


4. Hak Penulis

Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;

1. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan barang tersebut, seperti hak paten,

2. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk kuliah dan buku,

3. Hak untuk mereproduksi artikel untuk tujuan sendiri,

4. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Journal of SPORT ini.

5. Penulisan Bersama

Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of SPORT tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul akibat perselisihan internal penulis. Journal of SPORT hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan sebagai penulis koresponden.

6. Royalti

Sebagai jurnal dengan akses terbuka dan penyebarluasan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons tersebut, penulis menyadari bahwa Journal of SPORT tidak memberikan hak royalti atau biaya lainnya kepada penulis.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.