Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Olahraga Terhadap Mata Kuliah Gulat di Universitas Islam 45 Bekasi

Tatang Iskandar

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat belajar mahasiswa olahraga terhadap matakuliah gulat di Universitas islam ‘45’ Bekasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa olahraga terhadap mata kuliah gulat Universitas islam 45 bekasi sehingga diharapkan minat belajar mahasiswa olahraga terhadap matakuliah gulat bertambah.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan data yang diperoleh menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa olahraga Universitas Islam ‘45’ bekasi tahun ajaran 2019.. Teknik penambilan sample dilakukan menggunakan teknik total sampling, jadi 168 mahasiswaakan dijadikan sampel. Instrument yang digunakan penelitian ini adalah angket.

Hasil analisa data kemudian dilakukan pengujian Hipotesis, yang menyatakan bahwa mahasiswa olahraga Universitas Islam ‘45’ Bekasi dalam mengikuti kegiatan matakuliah gulat adalah untuk memenuhi unsur Minat yang signifikan.

Hasil Penelitian menyimpulkan, bahwa unsur intrinsik memiliki peran lebih besar dengan nilai 50,86 % dan unsur ekstrinsik sebesar 49,14%. Unsur intrinsik yang paling berperan adalah indikator perhatian dan aktivitas dengan masing-masing prosentasinya sebesar 34%, sisanya dari indikator tertarik dengan prosentase 32%. Unsur ekstrinsik yang paling berperan adalah indikator dosen dengan prosentase 41%, selanjutnya indikator teman 32% dan indikaror keluarga 27%.

Kata Kunci


Matakuliah gulat, Mahasiswa Olahraga Universitas islam 45 Bekasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta : Rieka Cipta

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta

Bebbi Oktara. 2010. Aktivitas Ketangkasan dan Beladiri. Depok : Binamuda.

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Moh. Nazir. 2013. Metode Penelitian. Bogor, Ghalia Indonesia.

PGSI. 1985. Seperempat Abad Gulat di Indonesia, Jakarta : Persatuan Gulat Seluruh Indonesia Cabang Jakarta Barat.

Siti Rahayu Haditono. 1998. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Psikologi UGM

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Rubianto Hadi. 2004. Buku Ajar Gulat, Semarang : FIK UNNES




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref