PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH BAGI ANAK USIA DINI

Yan Yan Nurjani, Endah Jubaedah

Abstrak


Keterbatasan dan kekurangan guru secara khusus serta kompenen pendidikan secara umum dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini menyebabkan anak mengalami keterlambatan perkembangan pada lingkup tertentu. Seperti dilapangan saat ini banyak anak yang belum dapat berkembang dalam kemampuan mengenal bentuk geometri di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan terdeskrpsikannya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini, terdeskrpsikan permainan sondah dalam mengenal bentuk geometri pada anak usia dini, Terdeskripsikan signifikasi permainan tradisional modifikasi sondah dalam kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di RA Al-Mustofa, Cibiuk Garut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dimana peneliti mencermati kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Pengamatan observasi ditujukan kepada 17 responden.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada Pratindakan Deskripsi awal, Penerepan Pengenalan bentuk geometri di kelompok A RA Al-Mustofa Cibiuk Garut dari 17 anak pada siklus I menunjukan belum adanya peningkatan dalm pengembangan pengenalan bentuk Geometri pada anak usia dini melalui permainan tradisional sondah terlihat dari persentasi siklus I yang menunjukan persentasi berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 2 anak (12%), berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 1 anak (6%), sementara anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 4 anak (17%), belum berkembang (BB) sebanyak 11 anak (65%). Maka dari itu peneliti memutuskan untuk melanjutkan pada siklus II yang dimana hasil persentasinya perkembanag pada siklus II yang menunjukan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 2 anak (12%), berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 14 anak (82%), sementara anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 1 anak (6%), dan yang belum berkembang tidak ada. Karena indikator tentang pengenalan bentuk geometri telah tercapai.

Kata Kunci: Bentuk Geometri, Permainan Sondah


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1557

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref