PENDEKATAN TAKTIS DITERAPKAN DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLA VOLI DI SD NEGERI 1 TUK KARANG SUWUNG KECAMATAN LEMAH ABANG KABUPATEN CIREBON

Rahmat Rahmat, Anggi Anggara

Abstrak


Dilingkungan persekolahan permainan bolavoli merupakan salah satu aktivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, yaitu: dalam ruang lingkup materi permainan dan olahraga. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (2006:195). Dengan dimasukannya permainan bolavoli ke dalam kurikulum Pendidikan Jasmani, sebagai salah satu aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani maka guru dan sekolah berkewajiban untuk menjadikan permainan bolavoli menjadi salah satu aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani. Selanjutnya dalam Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  dijelaskan  bahwa  standar  kompetensi yang di ajarkan guru kepada siswa setelah mengikuti pelajaran tersebut adalah sebagai berikut :

Mempraktikkan gerakan dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta dalam nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yang terdiri dari tiga kompetensi dasar, yaitu (1) Mempraktikkan permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran; (2) Mempraktikkan gerak dasar atletik sederhana, serta semangat, percaya diri dan disiplin; (3) Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran. Masalah  dan  batasan  masalah, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaiaman pola pembelajarn dengan menggunakan pendekatan taktis pada siswa di SD Negeri 1 Tuk Karang Suwung?. 2) Bagaimana pendekatan taktis diterapkan dalam pembelajaran aktivitas permainan bolavoli di SD Negeri 1 Tuk Karang Suwung?. 3) tujuan penelitian ini adalah dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran permainan  bolavoli di SD Negeri 1 Tuk Karang Suwung kec.Lemah Abang Kab.Cirebon. Kesimpulan pembahasan pendekatan taktis dalam proses pembelajaran keterampilan bermain adalah sebagai berikut : 1) Melalui latihan  yang mirip dengan permainan  yang sesungguhnya, minat dan kegembiraan siswa akan meningkat. 2) Peningkatan pengetahuan taktik, penting bagi siswa untuk menjaga konsistensi keberhasilan pelaksanaan keterampilan gerak teknik yang sudah dimiliki. 3) Memperdalam pemahaman bermain dan meningkatkan kemampuan pemahaman  secara  lebih  efektif  dari  penampilan  dalam  satu  permainan  ke dalam permainan lainnya.


Kata Kunci


Pendekatan Taktis, Bola Voli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Lutan Rusli. (1998). Asas-Asas Pendidikan Jasmani Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen Kerjasama dengan Dirjen Oleharaga.

Angga (1986:13), Teknik Dasar dan Kombinasi Bola Voli. Bandung. FPOK IKIP Bandung.

Bonnie Robison (1991:12), Bimbingan Petunjuk dan Teknik Bermai Bola Voli. Jakarta CV. Dahara Prize.

BSNP (2006:195) Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas. Mahendra Agus. (2007). Teori Belajar Mengajar Motorik. Bandung: FPOK UPI. Nasution. (1996). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala Syaiful. (2010). Kosep dan Makna Pembelajaran (Cet. 8). Bandung: CV Alfabeta.

Sanjaya Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Ed. 1 Cet. 6). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Seba Lauren dan Hendrayana Yudi. (2005). Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Subroto Toto dan Yudiana Yunyun. (2010). Modul Permainan Bola Voli. Bandung: FPOK UPI.

Subroto (2001) Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta

Sudjana Nana. (2000). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman Adang. (1998). Revitalisasi Ketelantaran Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: IKIP Bandung Press.

Supandi. (1991). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Bandung: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Susilana Rudi, et al. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: FIP UPI.

Tim Abdi Guru. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Wiriaatmadja Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kerjasama PPS UPI Bandung dengan PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1698

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref