PENGARUH LATIHAN KELENTUKAN STATIS TERHADAP SENAM LANTAI FORWARD ROLL PADA ATLET USIA DINI EXSTUDIO BODY SHAPE CENTER PALEMBANG

Sugarwanto Sugarwanto, Ardo Okilanda

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan kelentukan statis terhadap senam lantai forward roll atlet usia dini exstudio body shape center palembang. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen model one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet usia dini exstudio body shape center yang berjumlah 41 atlet didapat dari dua kali hasil tes terhadap subjek penelitian, yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), bentuk tes yang dilaksanakan yaitu instrument tes forward roll. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik statistik deskriptif model distribusi frekuensi, uji normalitas data, dan uji hipotesis yang berpedoman pada rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis terhadap semua data yang terkumpul, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan kelentukan statis terhadap senam lantai forward roll pada atlet usia dini exstudio body shape center palembang. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan melihat dan membandingkan nilai rata-rata hasil tes awal (pretest) yaitu 54,02 dengan nilai rata-rata hasil tes akhir (posttest) yaitu 74,5. Selain itu juga didukung oleh hasil uji hipotesis terhadap data pretest dan posttest dimana didapat thitung (20,04) > ttabel (2,02). Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang telah dirumuskan, dimana jika thitung>ttabel maka terima hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh latihan kelentukan statis terhadap senam lantai forward roll pada atlet usia dini exstudio body shape center Palembang.


Kata Kunci


Kelentukan Statis, Forward Roll, Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aka, Biasworo Adisuyanto. 2009. Cerdas Dan Bugar Dengan Senam Lantai. Grasindo.

Alter, Michael J. 2004. Science of Flexibility. Human Kinetics.

Arikunto, Suharsimi. 2006. “Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.†Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, Shala E. 2008. ACSM’s Health-Related Physical Fitness Assessment Manual. Lippincott Williams & Wilkins.

Harsono, M. Sc, and M. S. Drs. 1988. “Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching.†Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi: Jakarta.

Hidayat, Imam. 1996. “Biomekanika.†Bandug: FPOK-IKIP.

John, Mary Jean Traetta, and Jean Mary. 2008. Dasar-Dasar Senam. Bandung: Angkasa Bandung.

Kosasih, Engkos. 1993. “Olahraga Dan Program Latihan.†Akademika Presindo. Jakarta.

Martiani, Martiani. 2018. “Pengaruh Penggunaan Metode Drill And Practice Dan Konsentrasi Terhadap Keterampilan Headstand Senam Ketangkasan.†Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan 7(1).

Okilanda, Ardo. 2017. “Analisis Pembelajaran Gerak Keterampilan Teknik Dribbling Ssb Imam Bonjol Padang.†WAHANA DIDAKTIKA 15(3).

Rosdiani, Dini. 2012. “Dinamika Olahraga Dan Pengembangan Nilai.†Bandung: Alfabeta.

Ruslan, Ruslan, and M. Samsul Huda. 2019. “Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll).†Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan) 2(1):10–20.

Sukadiyanto, Sukadiyanto. 2011. “Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik.†Yogyakarta: UNY Press.

Tangkudung, James, and Wahyuningtyas Puspitorini. 2006. “Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga.†Jakarta: Cerdas Jaya.

Widiastuti, Dr, and M. Pd. 2011. “Tes Dan Pengukuran Olahraga.†Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya.

Winarno, M. E. 2007. “Research Methodology in Physical Education.†Malang: Faculty of Education, Malang State University.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref